Thursday, October 1, 2015

Hallo… Nama saya John Mark, Pendahuluan Injil Markus




Di tulisan blog saya terdahulu “BIBLE EVERYDAY” saya memberikan tips bagaiamana membaca Alkitab yang baik dan mudah bagi pemula. Saya sebutkan juga bahwa lebih mudah dan menarik jika dimulai dari Markus. Jadi saya akan share sedikit tentang Kitab Markus untuk sama-sama kita belajar. 

Siapa sih Markus ini? 

Penulis Injil Markus ini sama seperti penulis Injil lainnya tidak menamakan tulisannya menurut nama mereka, para penulis ini tidak ingin mereka lah yang jadi pusat perhatian.
Sangat sedikit informasi tentang Markus, namun cukuplah untuk mengetahui siapa Markus ini. Di Perjanjian Baru namanya beberpa kali disebut.  Dia bukan salah satu dari para Rasul, atau orang-orang yang menyertai Yesus kemana Yesus pergi, pada saat pelayananNya di muka bumi, namun dapalam beberapa peristiwa oleh para ahli sejarah dan theologian dia ada terlibat beberapa kali dimana Yesus ada.  Beberapa Bapak-bapak Gereja mengatakan bahwa Markus termasuk salah satu dari ke 70 murid. Namun disanggah juga bahwa tidak mungkin Markus adalah salah satu dari 70 murid, sebab Petrus menyebutnya sebagai anaknya (anak rohani) jadi paling tidak Markus ada dalam pemuridan Petrus (1 Pet 5:13)
Perjanjian Baru juga mencatat, Markus adalah anak dari adik perempuan Barnabas (Kolose 4:10) yang bernama Maria, wanita saleh yang tinggal di Yerusalem, rumahnya sering dipakai berkumpul oleh para Rasul dan orang-orang Kristen mula-mula (Kisah 12:12)
Markus ini mempunyai tiga nama ;
  • Markus berasal dari kata Marcus ini adalah nama Romawi atau nama Latin, meskipun Yahudi namun dari nama ini sepertinya ada hubungan dengan orang Romawi, ahli mengatakan bisa jadi orang tua laki-laki dari Markus adalah orang Roma
  • Juga dikenal mempunyai nama Yahudi yakni Johannan atau John atau Yohanes, yang berarti “Yahweh telah menunjukakan Kasih Karunia” sehingga seringkali dia dipanggil John Mark atau Markus Yohanes. Kisah 12:12
  • Nama ketiganya dia adalah Colobodactolus ini adalah nama Yunani yang artinya jari pendek dan gemuk.
Jadi Markus mempunyai tiga nama, nama Yunani sebuah nickname, kemudian Nama Latin dan terakhir nama Ibrani.
Ada kemungkinan besar bahwa rumah Markus atau rumah keluarga Markus lah yang dijadikan tempat makan malam terakhir dan juga dipakai berkumpul para murid untuk menanti turunnya Roh Kudus.

Sehingga ada ahli yang mengatakan bahwa anak muda yang lari telanjang di Gethsemane saat Yesus ditangkap yang dilaporkan di Injil Markus adalah Markus sendiri. 

Ada seorang muda, yang pada waktu itu hanya memakai sehelai kain lenan untuk menutup badannya, mengikuti Dia. Mereka hendak menangkapnya, tetapi ia melepaskan kainnya dan lari dengan telanjang. (Mark 14:51-52)

Suatu detail yang sangat janggal, kecuali yang lari ini adalah Markus sendiri.
Jika Markus bukan Rasul dan bukan murid inti dari mana dia dapat sumber penulisan? Pada masa mudanya Markus pasti pernah melihat Yesus, namun dia tidak pernah menjadi focus. Markus selalu menjadi nomor dua, dia adalah asisten dari 3 tokoh besar dalam perjanjian baru.
  • Pertama Markus menjadi asistennya Barnabas, Markus dan Barnabas bersaudara, Paman dan kemenakan.
Salam kepada kamu dari Aristarkhus, temanku sepenjara dan dari Markus, kemenakan Barnabas--tentang dia kamu telah menerima pesan; terimalah dia, apabila dia datang kepadamu—Kolose 4:10
Barnabas ingin membawa juga Yohanes yang disebut Markus;  (Acts 15:37)

Jadi pastinya Barnabas sudah kenal lama dan markus sang ponakan pasti membantu pamannya yang menjadi salah satu dari 7 orang yang dipilih oleh Dewan Yerusalem untuk mengurusi masalah jemaat.
  • Kedua Markus menjadi asisten Paulus yang bersama-sama Barnabas dalam perjalanan pelayanan mereka. Sampai akhirnya terjadi perselisihan sehingga Paulus pergi dengan Silas dan Barnabas serta Markus jalan sendiri.
  • Ketiga atau yang terakhir Markus menjadi asisten pribadi nya Petrus yang tiba di Roma setelah Paulus, menurut dokumen sejarah bapak-bapak gereja, orang-orang Roma mendesak Petrus untuk membukukan Kotbah-kotbahnya, bisa jadi Petrus enggan atau tidak punya waktu untuk itu sehingga meng “encourage” Markus untuk menuliskannya. Dan markus ikut Petrus sampai ke Babilonia, setelah itu dia pulang bersama Barnabas ke Siprus. Juga sudah berdamai dengan Paulus
“Hanya Lukas yang tinggal dengan aku. Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku. “(2 Timothy 4:11) tinggal di Roma bersama dengan Paulus untuk beberapa waktu lamanya. Terakhir dari catatan Eusebius, Ephipanius dan Jerome didapatkan bahwa Markus berangkat ke Alexandria dari Roma dan mendirikan jemaat disana, Markus meninggal disana di tahun 64 di tahun ke 8 Nero berkuasa.
Dari Petrus lah Markus mendapatkan semua informasi yang dituangkan dalam Injil Markus. Oleh sebab itu Injil Markus juga sering disebut Injil Petrus.

Oleh para ahli Injil Markus ini ditulis kira-kira diantara tahun 56 sampai tahun 63.
Injil Markus adalah Injil action, banyak mencatat aksi atau tindakan Yesus, dan ciri dari tulisannya banyak ditemukan kata “tiba-tiba” “lalu” “kemudian”
Injil Markus ditujukan kepada pembaca bukan Yahudi, bisa dilihat Markus banyak memberikan keterangan tentang budaya atau kebiasaan Yahudi.

Tema utama Injil Markus , Kristus adalah Hamba Tuhan yang tidak kenal lelah , kehidupan Yesus dilaporkan penuh dengan perbuatan-perbuatan baik. Seringkali jam doa nya diinterupsi, tidak punya waktu untuk makan dan minum, dilaporkan selalu dikejar orang banyak yang merindukan mujizat nya meski itu adalah waktu bagi Yesus untuk istirahat.

Digambarkan oleh Markus bahwa Yesus mempunyai sentuhan khusus buat masing-masing pribadi.

Ada 19 Mujizat yang dilaporkan dan dicatat oleh Markus dan semuanya menunjukan Kuasa Supranatural Yesus Kristus
  • Delapan Mujizat membuktikan kuasaNya atas penyakit, 1:31, 41; 2:3-12; 3:1-5; 5:25; 7:32; 8:23; 10:46.
  • Lima Mujizat yang menunjukkan KuasaNya atas Alam Semesta, 4:39; 6:41, 49; 8:8-9; 11:13-14.
  • Empat mujizat mendemontrasikan KuasaNya atas roh jahat, 1:25; 5:1-3; 7:25-30; 9:26.
  • Dua Mujizat menunjukkan Kristus mengalahkan alam maut/kematian, 5:42; 16:9.

Bagaimana membacanya? 

Paling bagus Markus dibaca sekaligus, namun jika tidak dan saudara berniat mencicilnya maka kita bisa bagi menjadi 4 bagian.
  • Bagian Pertama Pendahuluan dan  memperkenalkan Yesus  Kristus, Peristiwa yang mengantarkan Yesus pada pelayanan terbuka Pasal 1 sampai pasal 7:23
  • Bagian Ketiga Perjalanan Pelayanan ke Tirus dan Sidon dan Pengajaran dan pelayanan di Galilea Utara  7:24-  9:50
  • Bagian Ketiga  Pelayanan terakhir di Perea dan perjalanan menuju Yerusalem 10:1-52
  • Bagian keempat adalah Minggu terakhir 11:1-16:8
Injil Markus juga lebih focus pada kelemahan Petrus dibanding Penulis Injil yang lain, seakan aka nada pesan khusus dari Petrus bahwa jemaat perlu tahu kelemahan Petrus, terlihat Markus memasukan hardikan Yesus kepada Petrus 

Maka berpalinglah Yesus dan sambil memandang murid-murid-Nya Ia memarahi Petrus, kata-Nya: "Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."  (Mark 8:33)

Markus juga menyoroti penyangkalan Petrus
Dan pada saat itu berkokoklah ayam untuk kedua kalinya. Maka teringatlah Petrus, bahwa Yesus telah berkata kepadanya: "Sebelum ayam berkokok dua kali, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu menangislah ia tersedu-sedu. (Mark 14:72)
Dan tentang Petrus berhenti disini, berbeda dengan Yohanes, di Injil yang ditulis Yohanes ada berita tentang pemulihan Petrus dan kembalinya Petrus ke tempat semula, ingat percakapan Yesus dan Petrus di Yohanes 21.

Wow… menarik bukan?
Dan jangan lupa Markus adalah Injil yang pertama kali ditulis, Matius dan Lukas menuliskan injil nya mengambil bahan dari Markus, dan mereka mengembangakannya

Jadi tunggu apa lagi yuuk baca Markus bareng-bareng….
Setelah itu kita baca Matius, tunggu pengantarnyaa



No comments:

Post a Comment