Monday, October 26, 2015

Behind The Enemy Lines - Elijah Part 3



Sekian lamanya Elijah dalam sendiri, hanya ditemani pasukan hitam yang berkelebat pagi dan petang. Kadang kala mereka tinggal sejenak dan menemani Elijah makan. Bisa bayangin berkemah di tepi sungai dan secara teratur pagi dan sore ada makanan dari Ravens Catering Co. Saya bayangin sepertinya Elijah gak akan curhat atau baper, namanya saja sudah menunjukkan pelayanannya dan panggilannya di muka bumi saat itu. Seperti Sebuah proklamasi, deklarasi, menunjukkan pada dunia saat itu bahwa; Aku Menyembah Yahweh, Yahweh adalah Allahku. Ini sangat signifikan dengan kondisi saat itu mayoritas orang Israel bahkan Raja nya menyembah dewa-dewa dan bukan Yahweh. Jadi Elijah berseru-seru Yahweh itu Allah, Tuhan yang Benar! Dan sepanjang pelayanannya di Israel adalah membuktikan dan menyatakan bahwa Yahweh adalah Tuhan. On that time, it was the dark time! Dark Season. Masa-masa yang sangat gelap bagi Israel, dan Elijah harus hidup dimasa-masa itu. Hey bukankah ini sama seperti kita sekarang ini? Hidup di masa-masa kesulitan dunia dan terus membawa Panji-Panji Kristus, menunjukkan siapa kita. Ah dia kan Elijah, sang Nabi Besar!!!

Benar Elijah adalah Nabi, seperti superhero tapi Alkitab katakan dia tetap manusia biasa, Yakobus katakan:

Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan. (James 5:17)

Kita bisa berdoa dan meminta hujan turun, agar api segera padam, dan asap menghilang.


Hey by the way, ngomong-ngomong namamu siapa? Kenalan dong…
Berharap dan berdoa agar tindakan kita sehari-hari  sesuai dengan nama yang Tuhan berikan pada kita.

Mungkin seperti itu Elijah ngajak ngobrol Gagak, dan si Raven mungkin saja curhat, jauh banget dia bawa makanan buat aziz Allah satu ini, yang sembunyi jauh banget. Pada masa itu kekeringan melanda wilayah Israel, apakah melanda area lainnya juga? Mesir misalnya? Atau Apakah Asia kekeringan juga?

Dari mana Gagak mendapatkan makanannya?
Kemampuan terbang gagak sampai berapa jauh ya?

Dari  English version nya dikatakan Ravens,  spesies ini berbeda dengan gagak yang kita kenal, jika diterjemahkan memang artinya gagak demikian juga Crow jika diterjemahkan juga gagak, namun berbeda. Raven dikatakan lebih cerdas, dama dengan Simpanse ataupun Lumba-lumba, ukurannya juga lebih besar dari gagak biasa, bahkan bisa bertarung dengan Elang di Angkasa. Sehari Raven bisa terbang sejauh 60 – 75 miles. Jadi kurang lebih 120 KM per hari nya, wow cukup jauh juga.
Tuhan itu kalau taruh visi dalam hidup kita dan memberikan misi dalam hidup kita, Tuhan pasti akan siapkan semuanya. Meskipun kelihatannya sangat sulit, Tuhan siapkan segala sesuatunya. Benar terlihat kekeringan dan padang gurun sekitar kita, kesulitan dan kesukaran, hambatan dan halangan, namun tataplah ke langit, Tuhan kirimkan Ravens, lihat disekitarmu masih ada sungai kecil yang memberikan air nya.

Elijah bisa duduk tenang, menikmati pemeliharaan TUHAN. Menikmati sunrise, makanan sudah disediakan, menikmati sunset di tepi Kerit dengan makanan yang sudah tersedia, menunggu TUHAN menurunkan hujan.

Tetapi…

Maka datanglah firman TUHAN kepada Elia: "Bersiaplah, pergi ke Sarfat yang termasuk wilayah Sidon, dan diamlah di sana. Ketahuilah, Aku telah memerintahkan seorang janda untuk memberi engkau makan."

Wah ini perintah lebih aneh lagi! Bukannya Tuhan menyuruh lebih banyak Ravens untuk bawa air karena Kerit mengering, eh malah disuruh pergi. Itu kan maunya kita. Jalan Tuhan sering tidak kita pahami, bagi kita mungkin lebih mudah untuk menunggu sampai kemarau usai dan tidak melakukan apa-apa.

Dan lebih aneh lagi, diperintahkan untuk pergi ke Sidon, ke negeri yang menyebabkan Israel jatuh dalam penyembahan berhala. Ingat Ahab menikah dengan Izebel anak Etbaal Raja Sidon. Pergi ke Sidon dan diam disana. Text berikutnya mengatakan bahwa TUHAN sudah mempersiapkan semuanya juga, MEMERINTAHKAN seorang janda untuk memberi makan Elijah. Dari Ravens ke Janda di Sidon.

Strategi TUHAN mempersiapkan spiritual, roh nya Elijah benar-benar luar biasa. Elijah sudah mengalami keajaiban, Jahweh Tuhannya tidak meninggalkan dia selama awal kemarau Ravens diperintahkan memberi Elijah makan dengan luar biasa. Kepercayaan Elijah akan penyertaan dan pemeliharaan TUHAN padanya sungguh terbukti. Berikutnya ini strategi luar biasa, TUHAN menyembunyikan Elijah di daerah musuhnya, pusat atau asal dari Baal. Ini benar-benar brilian, Ahab ataupun Izebel pasti tidak akan menduga ini, mereka pasti tidak akan mencari Elijah sampai Sidon.

Adakalanya TUHAN bawa kita sampai ke daerah musuh untuk membuktikan kemahakuasaan-Nya dan mendemonstrasikan mujizatnya lebih hebat


There are times when GOD brings us to the enemy’s territory, behind the enemy lines to show us HIS power, to demonstrate HIS miracles


MENGECOH MUSUH! Bersembunyi tepat dibawah hidung musuhnya. Wow!!! Brilian!! Genius!

Kemudian TUHAN pakai seorang Janda. Alkitab mengatakan bahwa seorang  janda, apalagi janda dengan anak harus dipelihara oleh komunitas, ini justru malahan TUHAN perintahkan Elijah bersembunyi dirumah janda dan janda ini akan memenuhi kebutuhan makanan Elijah! Luar biasa.

Rom_11:34  Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?

Cara-cara TUHAN untuk memelihara dan menyertai umatnya, dan mengeluarkan mereka dari kesulitan seringkali diluar nalar kita, percaya dan patuh saja apa yang diperintahkanNya. Justru dalam segala sesuatu yang mungkin tidak diperhitungkan ini TUHAN memperhitungkan kita.

Coba kita perhatikan, jalan keluar yang TUHAN berikan benar-benar diluar dugaan musuh, pertama TUHAN bawa Elijah ke Sidon, kedua TUHAN menyembunyikannya di rumah Janda, penduduk Sidon, Ahab dan Izebel tidak akan pernah berpikir sampai disini.

Hey, mungkin kita sedang dalam kesulitan sekarang, kita adalah umat TUHAN, kita anak-anakNYA be creative! Tuhan tunjukkan pada kita lewat Elijah ini, bahwa TUHAN membuat jalan keluar yang benar-benar kreatif dan out of the box.

Disinilah keajaiban selanjutnya terjadi! Tuhan pelihara Elijah dengan Kue Apem dari Sidon

Kita berpisah dulu yaaah, lanjut di Part 4 nanti yah!! 

Kue Apem dari Sidon kayaknya enak… sambil ditemani Cappucino Wattcoffee... mantab Gan!!

4 comments: