Sunday, January 1, 2017

Baca Alkitab Kronologis Satu Tahun



Baca Alkitab Kronologis Satu Tahun

Tahun 2017 sudah di ambang pintu, salah satu yang ingin saya lakukan adalah, mengulang lagi membaca Alkitab selama setahun secara kronologis, yakni menurut urutan sejarah. Saya memakai Alkitab One Year Chronological Bible, versi terjemahan New Living Translations, terbitan Tyndale House Publishers, Inc.
Jika saudara mau ikut bersama-sama maka perjalanan ini akan sangat menyenangkan, karena rame-rame. Saudara baca sesuai dengan Alkitab terjemahan yang sesuai dengan anda dan saya akan temani dengan fakta-fakta atau apa yang saya dapat, apa yang saya pelajari tentang bacaan kita tersebut. Harapannya catatan kecil yang menemani ayat bacaan tersebut membuat saudara tidak bosan atau capek.
Saya berencana akan posting ke Blog ini dari minggu ke minggu, start dari sekarang tanggal 31 Desember 2016, sehingga pada tanggal 1, saudara bisa memulai bersama-sama dengan saya. Silahkan ambil waktu sesuai yang pas dengan waktu saudara, entah itu pagi setelah bangun tidur, atau pada saat ngopi pagi dan sarapan, bisa juga pas istirahat makan siang, atau jika belum sempat saudara bisa pada malam hari, disela-sela istirahat saudara menjelang tidur,
Saya ingin melatih kembali disiplin pribadi saya untuk belajar dan membaca Alkitab secara lebih teratur setiap harinya. Nomor pada yang ada merujuk pada tanggal bulan yang bersangkutan.
Jika saudara ada pertanyaan, silahkan taruh di kolom komentar, saya akan sangat senang berdiskusi dengan saudara.

Mari kita mulai perjalanan kita.
BULAN JANUARI
1.       Kej 1-3 Pada mulanya Allah menjadikan langit dan bumi. Dalam bahasa asli yakni bahsa ibrani tertulis demikian : “Beresheet bara Elohim, et ha-shamayim et ha-Eretz” Kata Beresheet menjadi nama Kitab Kejadian dalam bahasa aslinya. Bara adalah kata kerja yang artinya menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Dari tidak ada menjadi ada. Ia berfirman maka jadilah segala sesuatu. Pada minggu penciptaan, Allah memisahkan terang dan gelap, langit dan air, daratan dan lautan. Ia menciptakan taman Eden  untuk didiami dan dikelola oleh Adam dan Hawa. Setan menipu Hawa dan kemudian Adam. Ini menarik , Setan bisa menipu Hawa dan kemudian Adam adalah karena Hawa entah lupa atau tidak tahu tentang Firman Tuhan sehingga Iblis bisa menipunya.
2.       Kej 4-6 Sejarah kekerasan dimulai disini pada saat anak Kain sang anak sulung membunuh Habel, adiknya. Kejahatan manusia tidak makin berkurang tetapi semakin bertambah sampai saat generasi ke 10 manusia, Tuhan memnaggil Nuh untk membuat bahtera, sebab Tuhan akan mengirimkan air bah, menyelamatkan Nuh beserta keluarganya dan binatang-binatang untuk memulai lagi dari awal.
3.      Kej 7-10 Banjir datang, mata air samudera raya terbelah, tingkap langit terbuka, hujan turun selama 40 hari 40 malam. Air memenuhi bumi selama 150 hari lamanya. Lalu Tuhan mengingat Nuh, TUHAN membuat air berangsur surut. Nuh dan keluarganya serta binatang-binatang keluar dari Bahtera untuk mendiami Bumi. Manusia kembali beranak cucu dan bertambah banyak.
4.       Kej 11-14  Peristiwa penting berikutnya adalah Menara Babel, Tuhan memerintahkan di Kejadian 1 untuk memenuhi bumi, tetapi yang mereka lakukan adalah hanya berkumpul di suatu tempat. Akhirnya Tuhan menyerakkan mereka ke segala penjuru Bumi menurut suku bahasanya. Perintah Tuhan terlaksana. Rencana Tuhan atas manusia berjalan dalam sejarah. Kejadian 12 ini adalah milestone buat seluruh tulisan di Alkitab ini. Kejadian 1 -11 kita  sudah selesai dengan bagian pertama, focus pada peristiwa-peritiwa. Bagian kedua kitab kejadian ini kita akan focus pada tokoh-tokoh. Pertama adalah Abram. Tuhan memanggil Abram untuk keluar dari kota Ur, masuk dalam rencana Tuhan. Abram keluar dari Ur tetapi menetap di Haran bersama ayahnya, baru setelah  ayahnya mati Abram benar-benar keluar mengikuti perintah Tuhan.  Ayat kedua dan ketiga Kejadian pasal 12 mengandung 7 pernyataan komitmen Tuhan pada Abram. Semua narasi kitab kejadian disusun dari dua ayat ini. Abraham akan menjadi berkat tidak hanya bagi Israel tetapi bagi bangsa-bangsa lain.
5.       Kej 15-17 Tuhan menegaskan kembali pernjanjiannya dengan Abram  di pasal 15 ini. Janji diberikan tetapi kenyataannya Sarai istri Abram mandul. Masuklah dalam frame Hagar dan Ismael. Ada hal kecil yang sering luput disini adalah janji Tuhan langsung kepada Hagar bahwa anak yang dikandungnya pun akan jadi bangsa yang sangat banyak jumlahnya. Tuhan berbicara langsung kepada pihak yang ditindas, meskipun Hagar bangsa Mesir dan seorang perempuan. Pasal 17 Tuhan kembali menegaskan perjanjianNya dengan Abram, namanya berubah menjadi Abraham, perjanjian ini ditandai dengan sunat. Umur Abraham 99 tahun dan Sarah 90 tahun, dan Tuhan juga berfirman bahwa Sarah akan melahirkan seorang anak. Namanya tidak lagi Sarai.
6.       Kej 18-21 Tuhan menampakkan diri kembali dan berkata bahwa tahun depan Sara melahirkan seorang anak laki-laki. Sodom dan Gomorah dibinasakan. Lot menjadi moyang dari bangsa Moab dan Amon melalui hubungan incest/sedarah dengan anak-anak perempuannya. Ishak lahir. Ia disapih setelah Hagar dan Ismael diusir. Kembali Tuham menampakkan diri kepada Hagar dan mengulangi lagi janjinya kepada anak yang dikandung Hagar. Tuhan masih menyertai Hagar dan Ismael, sehingga ia menjadi bertambah besar.  
7.       Kej 22-24 Ishak diminta Tuhan untuk dikorbankan, nyata bahwa Abraham takut akan Tuhan, Tuhan telah menyediakan seekor domba jantan. Tuhan bersumpah dan memberkati Abraham, keturunannya akan menjadi sangat banyak seperti pasir di pantai, bintang di langit. Kejadian penting, Sarah mati diusia 120 tahun, dikuburkan di ladang Efron di Makhpela di timur Mamre. Ishak menikahi Ribka, cerita yang sering dipakai rujukan untuk yang menantikan pasangan hidup, value-value yang dipakai, bahkan peran Eliezer disini bisa digambarkan seperti Roh Kudus yang mempersiapkan Gereja Tuhan untuk bertemu dengan Mempelai Laki-laki nanti di Akhir jaman.
Inilah seminggu pertama bacaan kita secara kronologis, yuuk bagi apa yang kita dapatkan! Tuhan memberkati!

Salam,
Peters Kriss

10 comments:

  1. Terimakasih atas sharingnya, sy sdg ingin membelu alkitab yg chronological, apakah yg versi bhsa inggisnya sulit dimengerti atau tdk bagi yg skill bhsa inggrisnya biasa saja dan kl boleh tau beli alkitabnya dmna? Tks

    ReplyDelete
  2. Tks sharingnya, kl boleh tau beli dimana dan apakah bacaan yg versi inggrisnya mudah dipahami bagian yg skill bhsa inggrisnya biasa saja. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you sudah mampir

      Kalau di jakarta coba cari di book and beyond atau di Plaza Inodnesia toko Lighthouse, cari Chronological bible NLT, bahasa inggrisnya mudah dipahami.

      Delete