Sunday, December 24, 2017

YESAYA dan NATAL, Ultimate Exodus by The Servant KING


Narasi Natal part Five

Kedatangan Messias ke dunia sudah banyak diprediksikan, atau dalam bahasa Alkitab dinubuatkan oleh para nabi di Perjanjian Lama. Tuhan sudah merencanakan sedemikian rupa supaya umatNya bisa bersiap dan mengenaliNya, namun nampaknya untuk mengenaliNya dan mengetahui kedatangannya perlu usaha dan penyelidikan, nubuatan datang seringkali dengan teka-teki, dengan gambaran kata atau perumpamaan. Jadi TUHAN lewat para NabiNya di Perjanjian Lama sudah memberitahukan kepada manusia. Salah satu Nabi yang banyak menuliskan nubuatan tentang Kristus adalah Nabi Yesaya, Yesaya sudah mempersiapkan bagaimana cara mengenali Messias ini.
Yesaya hidup 700 tahunan sebelum Kristus, lewat pattern, symbol, perumpamaan, metaphor, nubuan Yesaya telah memberitahu kita.

Postingan saya tentang Natal kali ini kita aan belajar bersama tentang Nubuatan Yesaya tentang kedatangan Kristus, kita akan lihat beberapa pasal di kitab Yesaya, tenang tidak banyak kok, paling hanya lima point dari Kitab Yesaya yang akan mengantarkan kita menemukan Messias

  • Yesaya pasal 9, Yesaya mengatakan bahwa Messias akan datang sebagai Pewaris Tahta Daud,
Davidic Covenant akan digenapai lewat kedatangan Messias, DIA akan menjadi Raja segala Raja. TUHAN melakukan perjanjian dengan Daud bahwa Dinasti Kerajaannya tidak akan hancur, akan tetap kekal selama-lamanya. Walaupun demikian, tak berapa lama Salomo tidak bisa meneruskan apa yang sudah dikerjakan oleh Ayahandanya akhirnya, kerajaan terpecah dan terus merosot tidak pernah Berjaya lagi! Anak-anak Israel memegang janji TUHAN bahwa TUHAN akan pulihkan kerajaan Israel karena Daud, dan Yesaya memberitahukan ini;

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (9-6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini. (Isa 9:6-7)

Jadi Messias akan datang dari keturunan Daud, karena Dia tidak hanya datang sebagai Raja atas tahta Daud tetapi namanya disebutkan Penasihat Ajaib, Allah Perkasa, Bapa yang Kekal dan Raja Damai. Dia menggenapi nubuatan atas tahta Daud sebagai keturunan Daud tetapi DIa juga bukan manusia biasa, lihat semua gelarnya… tidak mungkin DIA adalah manusia biasa, demikianlah Yesaya memberikan tanda kepada kita bagaimana menemukan Messias

  • Yesaya 7, Yesaya memperkenalkan Messias sebagai Immanuel
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel. (Isa 7:14)

Nubuatan ini digenapi dalam masa Ahas juga, namun juga digenapi oleh Maria, bukan berarti pada masa Ahas dan Yesaya ada anak perawan yang mengandung seperti Maria, tetapi pada waktu Yesaya mengatakan nubuatan ini ada seorang perempuan yang akan segera menikah dan akan segera memiliki anak dan sebelum anak ini akil balik maka negeri yang ditakuti oleh Ahas akan ditinggalkan oleh penduduknya, artinya keselamatan bagi Ahas akan datang segera, tidak perlu takut. Sifat Nubuatan tidak linear! Tetapi lingkaran. Dan Matius memakai Nubuatan Yesaya ini untuk mengabarkan kedatangan Mesias, Keselamatan telah datang, ultimate fulfillment of the prophesy. Sign nubuatan yang memiliki dua penggenapan, satu dalam waktu dekat dan yang satu dalam waktu 700an tahun kedepan, dan lebih literal. Yang menarik adalah bahwa Imanuel yang artinya TUHAN diantara kita, apakah DIA sebagai Juru Selamat, ataukah dia sebagai Hakim yang menghakimi, melihat apa yang terjadi di Yerusalem pada masa itu, Imanuel yang disebut oleh Yesaya adalah TUHAN datang membawa Penghakiman bagi Yerusalem dan Yehuda, dan ultimate fulfillment TUHAN datang menyelamatkan adalah kedatanga Messias Yeshua.

  • Pasal 52:13-53:12 Yesaya, menyebutnya sebagai Hamba yang Menderita, Suffering Servant. 

Di Kitab Yesaya ada banyak nyanyian tentang Hamba, adakalanya Hamba merujuk pada Israel, sekali yang merujuk pada Koresh, Raja Persia, (saat itu Koresh belum ada, Persia belum ada yang kuat adalah Negara Assyria, nanti Babilonia akan memukul kalah Asyyria, dan Assyiria akan dikalahkan oleh Persia, TUHAN menyebut Koresh HambaNya yang akan membawa orang buangan Yehuda, kembali ke yerusalem dan membangun kembali Bait Suci. Satu lagi hamba yang disebutkan adalah Messias sendiri, the SERVANT KING, Messias sang raja datang dalam rupa hamba yang tidak dikenali, DIA datang sebagai bayi yang dilahirkna dirumah oeang kebanyakan, disebiah desa kecil kampong halaman Daud. Saat natal ini mari kita baca perikop tentang Suffering Servant ini, the Servant King dan kita tahu KelahiranNya di muka bumi ini hanya untuk satu tujuan yakni mati bagi kita semua

Sesungguhnya, hamba-Ku akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan. Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia--begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi-- demikianlah ia akan membuat tercengang banyak bangsa, raja-raja akan mengatupkan mulutnya melihat dia; sebab apa yang tidak diceritakan kepada mereka akan mereka lihat, dan apa yang tidak mereka dengar akan mereka pahami. Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan? Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya. Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian. Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya. Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah. Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya. Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul. Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak (Isa 52:13-53:12)

  • Yesaya bernubuat tentang Langit baru dan Bumi baru 

Nubuatan Yesaya tentang Mesias tidak hanya kedatangan yang pertama, tetapi juga jauh kedepan bahkan sampai kedatangan  Messias yang kedua kali.

"Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.  (Isa 65:17)

"Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati. Tetapi bergiranglah dan bersorak-sorak untuk selama-lamanya atas apa yang Kuciptakan, sebab sesungguhnya, Aku menciptakan Yerusalem penuh sorak-sorak dan penduduknya penuh kegirangan. Aku akan bersorak-sorak karena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku; di dalamnya tidak akan kedengaran lagi bunyi tangisan dan bunyi erangpun tidak. Nanti bukalah Yesaya 65:17-25).
Sebuah janji yang luar biasa, keadaan sukacita jauh dimasa depan yang dibayangkan divivikan oleh Yesaya, kedamaian yang penuh, phrase-phrase ini banyak dipakai di Perjanjian Baru,  berulang-ulang bahkan jelas digunakan di Kitab Wahyu 21 dan 22, bahkan juga paul mengutip dalam pasal 8 kitab Roma.
Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. (Rev 21:1)
Dan kita tahu Rasul Yohanes menuliskan pewahyuannya yang didapat dari Yesus Kristus, jelas bahwa Yesus Kristus adalah Messias.

  • Yesaya mengatakan Mesias akan membebaskan umatnya seperti membebaskan Israel dari Mesir

Yesaya tidak hanya melihat pada pembebasan dari pembuangan, tetapi jauh dari itu, Yesaya melihat symbol pembuangan ke Babil ini sama dengan pembuangan Israel ke Mesir dan pada saat TUHAN membawa kembali mereka dari pembuangan akan sama seperti membawa mereka kembali dari Mesir menuju Promise Land, dengan new covenant, membangun Tabernakel, Bait Suci dan memberikan tanah Perjanjian, dan ini semua disebutkan didalam Injil, istilah-istilah pembuangan, pembebasan, perbudakan yang dahulu dipakai di Kitab Keluaran. Jadi Alkitab memberikan bayangan-bayangan akan pemandangan sejati yang akan dilihat umat manusia di Kayu Salib, Pembebasan Umat manusia, Kemerdekaan Sejati oleh karena Salib YESUS di Golgota, Yesaya tidak hanya memberitakan kedatangan Mesias yang pertama tetapi juga memberitahukan bagaimana Messias akan membebaskan umatnya dan memberikan the ultimate freedom. The Ultimate Exodus!

  • Yesaya menubuatkan tentang Tunas Isai akan tumbuh, Mesias membawa kehidupan baru, pengharapan dan pemulihan

Yesaya diberi tugas yang sangat sulit, bagaimana rasanya kita disuruh kotbah tetapi orang-orang akan menolaknya. Hard lonely and difficult ministry dan cukup lama, sampai semua orang diangkut ke pembuangan.

Kemudian aku bertanya: "Sampai berapa lama, ya Tuhan?" Lalu jawab-Nya: "Sampai kota-kota telah lengang sunyi sepi, tidak ada lagi yang mendiami, dan di rumah-rumah tidak ada lagi manusia dan tanah menjadi sunyi dan sepi. TUHAN akan menyingkirkan manusia jauh-jauh, sehingga hampir seluruh negeri menjadi kosong. Dan jika di situ masih tinggal sepersepuluh dari mereka, mereka harus sekali lagi ditimpa kebinasaan, namun keadaannya akan seperti pohon beringin dan pohon jawi-jawi yang tunggulnya tinggal berdiri pada waktu ditebang. Dan dari tunggul itulah akan keluar tunas yang kudus!" (Isa 6:11-13)

Tunas yang bagaimana? Tunas yang mana? Tunas Isai, keturunan Daud
Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah. (Isa 11:1)

Tunas baru adalah kehidupan, adalah harapan, adalah pemulihan, itu berita yang Mesias bawa. Kehidupan baru, Harapan, dan Pemulihan ada didalam Mesias tetapi orang-orang Yahudi tidak melihatnya mereka berharap Mesias yang lain, mereka ingin pemulihan yang lain, mereka hanya melihat dirinya sendiri, terbutakan oleh diri sendiri.
 
Jadi bukan suatu kebetulan jika nubuatan Yesaya tentang Mesias ini ditolak oleh orang-orang Yahudi pada masa itu dan hanya sedikit yang percaya kepadanya, bahkan sampai Mesias datang dan mengajar mereka. Bahkan Yesus pun mengutip perkataan Yesaya

Itulah sebabnya Aku berkata-kata dalam perumpamaan kepada mereka; karena sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti. Maka pada mereka genaplah nubuat Yesaya, yang berbunyi: Kamu akan mendengar dan mendengar, namun tidak mengerti, kamu akan melihat dan melihat, namun tidak menanggap. Sebab hati bangsa ini telah menebal, dan telinganya berat mendengar, dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik sehingga Aku menyembuhkan mereka. (Mat 13:13-15)

Masih ada banyak tanda yang diberikan oleh Yesaya untuk memberitahu kita menemukan Messias. Namun hari minggu ini cukuplah 6 tanda saja dari Yesaya, so saat kita merayakan Natal marilah kita memperhatikan tanda-tanda yang  diberikan Yesaya bagaimana menemukan Mesias supaya tidak melewatkannya, DIA adalah pembebas dan pembawa kabar baik kita akan menemukan dia diantara orang-orang miskin, tawanan, orang-orang buta, dan mereka yang tertindas.

Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang." (Luk 4:17-19)
Kita benar-benar berjumpa dengan Mesias di  Natal ini saat kita juga membawa kabar baik tentang Mesias, dan membagikan kabar bahagia ini kepada orang-orang miskin sehingga mereka juga bisa merayakannya, kepada para tawanan sehingga mereka mengalami kebebasan yang sesungguhnya, kepada orang-orang buta sehingga mereka bisa melihat kasih TUHAN nyata melalui kita, dan kepada mereka yang tertindas sehingga mereka tidak merasa diabaikan ditinggalkan dan merasa sendiri dan tidak terbuang.

NATAL adalah KASIH dalam TINDAKAN

SELAMAT NATAL !

No comments:

Post a Comment