Friday, December 22, 2017

YANG TERSEMBUNYI DARI SILSILAH YESUS KRISTUS



Narasi Natal, part Four

Masih berada di sekitar Daftar Silsilah yang ditulis oleh Matius, benar-benar jika dicermati dan dibaca lagi sedikit berulang dibalik nama-nama yang ditulis oleh Matius ini tersembunyi pesan-pesan bahwa TUHAN menggenapi rencanaNYA dan memenuhi sumpah dan  janji yang diucapkannya di masa lalu memenuhi nubuatan dari para utusanNya, TUHAN tidak pernah melupakan manusia, TUHAN tidak pernah melupakan Umatnya, bahkan lewat daftar nama-nama tersebut  kita Kasih Karunia TUHAN sedemikian besar bagi Umat Manusia.

So dalam postingan ini masih akan menulis sedikit lagi tentang Silsilah, tenang aja pendek kok, tidak seperti postingan sebelumnya.

Di tulisan-tulisan dan IG video yang lalu dikatakan bahwa narasi natal tidak dimulai dari Yusuf dan Maria ketika mereka tiba di Bethlehem, tetapi dimulai jauh bahkan sebelum mereka ada.  Natal tidak sekedar Maria dan Yusuf dengan Bayi Yesus di sebuah rumah di Bethlehem saja, benar bahwa bagian ini adalah bagian yang sangat luar biasa menakjubkan tetapi, setting Bethlehem bukanlah keseluruhan narasi, kita hanya ada di bagian tengahnya saja, kita harus melihatnya secara menyeluruh dan kita kan berdecak kagum atas Karya TUHAN yang luar biasa, 
Inisiatif TUHAN yang melampaui segala akal, namun TUHAN setia dan menggerakan narasi lewat sejarah yang bergulir diantara kisah manusia.

Sekali lagi dibulan Desember di minggu terakhir ini saat kita menyiapkan acara dan kemeriahan natal, mari ambil waktu sejenak melihat pasal pertama kembali kitab Matius dan melihat nama-nama dalam silsilah keluarga tersebut.  Daftar silsilah tersebut tidak hanya sekedar nama tetapi sejarah yang memiliki makna rohani yang membuat narasi natal menjadi lengkap dan berbicara langsung kepada kita sekilas  tentang bagaimana agungnya Karya Keselamatan yang  TUHAN persiapkan dari generasi ke generasi dan menggenapinya dengan Kelahiran Kristus.

Beberapa hal yang bisa kita dapat dari daftar silsilah keluarga di Matius berhubungan dengan rencana dan janji TUHAN atas manusia

Daftar Silsilah menegaskan JANJI TUHAN tentang Kedatangan JURU SELAMAT, Messias dipenuhi dalam diri YESUS KRISTUS



Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. (Mat 1:1)

Dengan menyebut Yesus Kristus anak Daud, Matius menghubungkan Yesus sebagai pewaris tahta Daud, tujuan dari penulisan awal ini adalah untuk menunjukan  bahwa Messianic Promises, Perjanjian TUHAN dengan Daud bahwa Messias akan muncul dari keturunananya. Lihat di kitab 2 Samuel pasal 7 dalam perkataan Natan kepada Daud tidak sekedar berbicar tentang Salomo pewarisnya, tetapi juga nubutan jauh di masa depan tentang Yeshua Hamasiah.
Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya." (2Sam 7:16)
Demikian juga dengan menyebut Yesus Kristus anak Abraham, Matius mengatakan Covenant yang TUHAN buat dengan Abraham juga digenapi pada Pribadi Yesus.
Keturunannya menjadi berkat bagi bangsa-bangsa.  Kejadian 12, Kejadian 15 dan diulangi lagi di Kejadian 17 dengan tanda sunat.

Lewat Yesus Kristus semua bangsa-bangsa di bumi diberkati, dan melalui Yesus Kristus semua bangsa disebut keturunan Abraham, sehingga benar-benar keturunan Abraham seperti pasir dipantai dan bintag di langit.

Daftar Silsilah menegaskan JANJI atau BERKAT JACOB ATAS YEHUDA DIGENAPI, Tongkat kepempimpinan diberikan kepada YEHUDA.  

Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Matthew 1:2
Yehuda, engkau akan dipuji oleh saudara-saudaramu, tanganmu akan menekan tengkuk musuhmu, kepadamu akan sujud anak-anak ayahmu. Yehuda adalah seperti anak singa: setelah menerkam, engkau naik ke suatu tempat yang tinggi, hai anakku; ia meniarap dan berbaring seperti singa jantan atau seperti singa betina; siapakah yang berani membangunkannya? Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa. Ia akan menambatkan keledainya pada pohon anggur dan anak keledainya pada pohon anggur pilihan; ia akan mencuci pakaiannya dengan anggur dan bajunya dengan darah buah anggur. Matanya akan merah karena anggur dan giginya akan putih karena susu. (Gen 49:8-12)

Nama Yehuda yang disebut oleh Matius, padahal Yehuda bukan anak sulung, semua karena janji dan berkat yang diucapkan Yakob kepada anak-anaknya bahwa dianyara 12 suku Israel, Yehudalah yang akan tampil sebagai pempimpin, dari keturunan Yehudalah raja akan memerintah Israel, bahkan bangsa-bangsa takluk kepadanya. Dan ini digenapi lewat Yesus Kristus. Paulus menegaskankannya dalam suratnya kepada jemaat Efesus,
dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.  (Eph 1:19-22)
Daftar Silsilah menegaskan bahwa KRISTUS adalah  berkat bagi semua manusia

Daftar silslilah keturunan ini tidak seperti biasanya, lihat postingan sebelumnya untuk details. https://tinyurl.com/unlockingnatalpart3  Umumnya silsilah hanya memuat nama laki-laki saja, tetapi matius menyertakan empat nama perempuan, Tamar, Rahab, Ruth dan Bathseba,  yang secara tradisi mereka seharusnya tidak layak, bahkan karakter da nasal usul mereka seharusnya dipertanyakan untuk bisa masuk dalam silsilah Mesias, plus satu lagi nama perempuan yakni Maria, ibu Yesus, secara sengaja Matius yang adalah Yahudi, memasukkan nama-nama mereka . Christ is a gift to all

Daftar Silsilah Menyebutkan YUSUF sebagai "legal father" bukan "natural father"

Dalam teks nya Matius menegaskan bahwa Yusuf secara hukum adalah bapak dari Yesus, perhatikanlah:
Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. (Mat 1:16)  
Bandingkanlah dengan catatan Lukas;
Pada waktu Yesus mulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun. Menurut pendapat orang, Ia anak Yusuf, anak Eli, (Luk 3:23)
Dalam silsilah Lukas menunjukkan garis darah Yesus langsung ke Daud moyangnya melalui anaknya Nathan turun terus sampai Maria, Eli adalah mertua Yusuf, bapaknya Maria.

Jadi jangan bingung dengan perbedaan nama bapak nya Yusuf di Matius dan di Lukas, tradisinya memang menyebut demikian, jika tidak ada ahli waris laki-laki maka yang disebut adalah menantunya, suami dari anak perempuannya.

Sementara dalam Matius, Yusuf adalah keturunan Daud dari garis Salomo. Ini menarik karena daftar silsilah ini  sekaligus menggenapi apa yang dikatakan oleh nabi Yeremia.
Beginilah firman TUHAN: "Catatlah orang ini sebagai orang yang tak punya anak, sebagai laki-laki yang tidak pernah berhasil dalam hidupnya; sebab seorangpun dari keturunannya tidak akan berhasil duduk di atas takhta Daud dan memerintah kembali di Yehuda."  (Jer 22:30) 
Yeremiah berbicara tentang Yoyakin raja Yehuda, yang juga disebut Yekhonya.  Garis keturunan Yusuf kembali jauh kepada Yekhonya ini, Yesus tidak matius sebut sebagai anak Yusuf karena memang Yesus tidak diperanakkan oleh Yusuf tetapi oleh Roh Kudus melalui Maria yang adalah keturnan Nathan yang tidak terikat dengan kutuk tersebut. Wooow ini luar biasa!!!

Daftar Silsilah menegaskan tentang Yesus yang dikandung dan dilahirkan oleh perawan Maria.

Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. (Mat 1:16)  
Matius secara hati-hati memakai kata-kata dalam menyusun dan menghubungan Yesus dengan Yusuf, untuk tidak memberikan kesan bahwa Yesus adalah anak kandung Yusuf, Yusuf adalah legal father bagi Yesus, sebagai suami dari Maria dan  akhirnya Yesus memiliki hak atas tahta Daud baik legal atau secara keturunan.

Setiap kata yang dipakai oleh Matius menegaskan dan memperkuat doctrine Virgin Birth of Jesus
Luar biasa bukan? Dari daftar silsilah yang biasanya kita abaikan, (kita artinya saya juga terkadang mengabaikan daftar silslilah dan melewatkankannya begitu saja) ternyata memiliki makna yang sangat mendalam. 

Dan kita yakin dan percaya meski melewati sejarah dan melintasi berbagai generasi TUHAN selalu setia dengan PERJANJIANNYA. 
TUHAN tidak pernah meninggalkan Umat Manusia! 
Selalu ada harapan bagi manusia untuk terus mempercayai TUHAN.

Apa yang TUHAN katakan, pasti akan digenapi!!! 
Semua yang di FIRMAN kannya pasti akan terlaksana!
Amen!

Thank you for following, reading, share and distribute, I pray this writing become blessings for us in this moment of joy as we remember the birth of our Savior
@peterskriss

No comments:

Post a Comment