Wednesday, September 23, 2015

BIBLE EVERYDAY



Setelah selesai mengajar kelas Deeper Bible, dan para partisipan mendapatkan semua tools untuk membaca Alkitab bahkan juga bisa dipakai untuk menggali atau menyelidiki bagian-bagian Alkitab, biasanya muncul pertanyaan “ kalau begitu dari manakah sebaiknya kita mulai membaca?” “Apakah perlu membaca setiap hari?” 
 
Dengan tools yang sudah diberikan maka diharapkan para partisipan dapat mencoba dan akhirya menemukan sendiri bagaimana metoda yang paling pas buat mereka masing-masing. Sebab setiap orang berbeda-beda pada dasarnya. Dibeberapa kesempatan saya juga bagikan pengalaman saya dan metoda yang yang saya pakai untuk menjadi perbandingan, atau juga bisa untuk ditiru jika memang belum menemukan metode yang pas. Untuk menyingkatnya saya pakai akronim agar mudah diingat, here you go!



BIBLE EVERYDAY
B          : Baca
I           : Injil
B          : Bagian
L          : Lainnya
E          : “Easy”

Yohanes 14:26  tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
 
Ini pesan Yesus kepada murid-muridNya, bahwa Roh Kudus akan mengajarkan segala sesuatu dan mengingatkan perkataan Yesus kepada mereka.  Nah ayat ini bukan untuk kita, tidak secara langsung. Roh Kudus dikatakan akan mengingatkan semua perkataan Yesus. Nah kita tidak ada waktu Yesus mengajar, belom lahir. Bagaimana Roh Kudus mengingatkan  kepada kita perkataan Yesus yang diberikan 2000 tahun yang lalu dihadapan murid-murid Nya saat itu? Kita perlu menaruh perkataan Yesus kedalam memori kita agar Roh Kudus dapat mengingatkan perkataan-perkataan Yesus tersebut dan mengajarkan nya juga kepada kita.
Pertanyaan selanjutnya, perkataan Yesus saat itu paling banyak ditulis dimana? Banyak yang menjawab Alkitab, iya sih benar… tetapi tidak spesifik. Perkataan Yesus paling banyak ditulis di INJIL.
Selanjutnya, ada berapa Injil? Banyak yang menjawab ada empat. Tidak sepenuhnya benar, INJIL hanya ada satu, Kabar Sukacita hanya ada satu, hanya ada SATU INJIL namun ditulis oleh 4 penulis yang berbeda. Jadi kita harus baca seluruh nya, keempat tulisan tersebut, yakni Matius, Markus, Lukas, Yohanes.
Jadi? Sudahkah berhenti disitu saja? TIDAK ada juga perkataan Yesus di Kisah Para Rasul dan juga di surat yang dikutip oleh Para Rasul, juga ada surat Yesus Kristus untuk 7 jemaat yang ditulis oleh Rasul Yohanes. Sekaligus juga Para Rasul meninggalkan Yerusalem dan merantau jauh dan mengabarkan Kabar Keselamatan tersebut dan juga mempraktekan setiap ajaran dan perkataan Yesus Kristus. Oleh sebab itulah kita harus juga membaca Kisah Para rasul dan berikut surat-surat yang dikirim oleh Para Rasul kepada jemaat Yesus Kristus, termasuk juga Wahyu.
Okay, jadi hanya Perjanjian Baru saja? Tentu Tidak!!
Yesus juga sering mengutip Perjanjian Lama, dalam surat-surat para Rasul juga mengutip Perjanjian Lama, oleh sebab itu kita harus membaca Perjanjian Lama.
Pada akhirnya bacalah semua, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.




Untuk itu saya ada tip berikutnya : EVERYDAY

E          : Effective Time for you
V          : Variety of Writings
E          : Easy Versions for you
R          : Read All
Y          : Your Imagination
D          : Don’t Keep, Share it
A          : Action and Pray
Y          : Your own Journal

Mari kita lihat satu-satu.

Effective Time For You;
Setiap kita sudah jelas tidak sama, jam hidup kita berbeda. Ada yang terbiasa bangun pagi, ada yang kerjanya sampai dini hari. Ada yang terbiasa baca malam hari sambal beristirahat ada yang bisa membaca di sela-sela break makan siang. Entah pagi, siang, sore, malam, saudara yang tahu, saudara yang menentukan buatlah komitmen, buatlah rutin. Ini janji anda bertemu dengan DIA yang mengasihi anda.

Variety of the writings
Perhatikanlah genre atau variasi dari jenis-jenis Tulisan dalam Alkitab, di DB 101, juga di blog ini saya pernah ulas tentang jenis-jenis Tulisan dalam Alkitab. Saran saya untuk awal mulai baca Alkitab ambillah genre yang paling mudah yakni NARASI. Contoh nya adalah Matius Markus Lukas Yohanes Kisah Para Rasul, Kejadian Keluaran dan lain lain. Jangan memulai dari genre apokaliptik, anda akan dibuat bingung karena nya.

Easy Versions
Alkitab diterjemahkan kedalam berbagai Bahasa supaya bisa dibaca dengan mudah oleh setiap orang sesuai dengan Bahasa yang mereka kuasai. Dan untuk membaca saja tanpa bermaksud menyelidiki atau mendalami gunakanlah Alkitab dengan Bahasa yang mudah anda mengerti. Ambillah paling tidak dari kelompok terjemahan bebas, seperti The Message dalam Bahasa Inggris. Dalam Bahasa Indonesia Anda bisa menggunakan TSI atau BIS. Namun bisa juga anda memakai kelompok Dynamic Equivalent seperti NLT atau NIV dan ITB dalam Bahasa Indonesia.

Read All
Baca sekaligus satu kitab, ingat pelajaran Deeper Bible 101 sesi 4 bahwa dulu nya Alkitab tidak ada penomoran ayat pasal atau bab, juga tidak ada perikop-perikop, jika saudara ingin baca sebagian, maka anda harus pandai-pandai dalam berhenti di bagian mana. Dan kemudian untuk membaca kembali Anda perlu untuk membaca ulang paling tidak 1 bab bagian sebelumnya. Sama seperti ketika menonton DVD, saat ada interupsi maka anda akan pencet tombol “pause” dan ketika mau menonton lanjut lagi Anda akan “rewind” sebentar untuk kemudian lanjut “play” lagi. Maka sarannya sebagai pemula Ambil kitab yang pendek yang tidak terlalu panjang.


“Use” Your Imagination
Pakailah daya imaginasi saudara, ini cukup membantu karena di Alkitab penuh dengan gambaran kata yang Anda belum pernah lihat atau alami. Anda bisa membayangkannya. Sama seperti dalam sebuah film action saudara membayangkan diri anda dalam peristiwa tersebut menjadi salah satu jagoannya, maka film itu terasa lebih hidup. Demikian juga Alkitab, selain anda memahami arti gambaran kata dengan otak kanan anda, anda bisa berimaginasi seolah-olah anda ada disana.

Don’t Keep, Share it!!
Apa yang Anda  baca akan terus anda ingat jika Anda bagi atau share kepada teman DATE anda. Kadangkala tanpa kita sadari apa yang kita bagikan bisa menjadi jawaban bagi orang lain. Namun juga jangan terlalu lebay, sedikit-sedikit share. Mintalah Roh Kudus untuk memberikan Hikmat kepada Anda. Dan saat Roh Kudus bicara untuk anda bagikan apa yang Anda dapat, taatlah dan bicaralah.

Action anda Pray
Kita bukan hanya pendengar atau pembaca saja, namun kita harus menjadi pelaku firman Tuhan. Adakah Firman Tuhan yang harus saya taati hari ini. Adakah janji Tuhan dalam Firman Tuhan hari ini. Adakah perintah yang harus dilaksanakan, berdoalah sebelum melakukan tindakan. Firman akan menjadi hidup dalam keseharian kita jika kita menghidupinya dengan menjadi pelaku Firman.

“Write” Your own Journal
TUHAN menjawab aku begini, "Ukirlah dengan jelas pada kepingan tanah liat, apa yang Kunyatakan kepadamu, supaya dapat dibaca dengan mudah.  (Habakkuk 2:2). Tulislah apa yang Anda dapat saat Anda baca, suatu peneguhan, suatu janji, suatu perintah. Apapun itu tuliskanlah supaya Anda dapat membacanya ulang, dan journal anda menjadi pengingat bagi Anda. Jikalaupun ada sesuatu yang tidak dimengerti Anda tuliskanlah itu, suatu saat anda akan terkagum-kagum bahwa Tuhan terus berurusan dan memperhatikan Anda, pada saatnya Tuhan akan memberitahukan hal tersebut kepada Anda, entah lewat orang lain, entah lewat de el Anda, bisa juga Tuhan berbisik kepada Anda secara langsung.
Dan ini semua bisa jadi seperti batu peringatan, sehingga kita bisa mengingat kebaikan Tuhan, penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita.

Tandailah jalan-jalan, pasanglah rambu-rambu carilah jalan yang kautempuh dahulu. Hai, Israel, pulanglah! Kembalilah ke kota-kotamu yang semula. (Jeremiah 31:21)

Bila kamu menyimpang dari jalan, di belakangmu akan terdengar suara-Nya yang berkata, "Inilah jalannya; ikutlah jalan ini." (Isaiah 30:21)

BIBLE EVERYDAY

Bagaimana menerapkannya?
Saran saya, mulai dari Injil Markus,  sudah jelas ini Narasi, mudah dibaca, penuh dengan action , Anda bisa berimaginasi dan menaruh diri anda dalam kisah heroic yang ditulis Markus, Anda akan lebih ingat kepada Yesus atas apa yang dilakukakannya. Markus menulis seolah ini adalah film action, alur nya sangat jelas dan berganti-ganti dengan cepat, anda akan dengan mudah mengikuti alur kehidupan Yesus di bumi.

Selanjutnya setelah tahu tentang apa yang dilakukan Yesus, beralihlah kepada apa yang dikatakannya, pilihan saya berikutnya adalah Matius. Kita belajar perkataan Yesus, pengajaran Yesus di muka bumi. Kitab Matiuslah banyak mencatat perkataan Yesus.

Kemudian lanjutkan ke Lukas, Buku yang ditulis Lukas ini mencampurkan antara perkataan dan tindakan Yesus di muka Bumi, Lukas menyusun kisahnya dengan gayanya sendiri dan mengatur susunannya dengan tujuan tertentu.

Lukas selesai, anda beralih ke Kisah Para Rasul, karena ini satu penulis dengan Lukas dan dengan demikian anda dapat mempertahankan benang merahnya.

Setelah Kisah Para rasul selesai bacalah Yohanes, Injil yang ditulis rasul Yohanes adalah injil paling akhir yang ditulis. Lebih sulit dipahami dibanding Markus Matius Lukas, namun Injil ini pentimg karena memuat hal-hal yang tidak dicatat Matius Markus dan Lukas.

Nah Injil dan Kisah para Rasul selesai.  Saran saya Anda baca lebih dahulu 5 kitab Musa dan Yoshua. Bagaimana uruttannya?
Mulailah dari Kejadian, kitab ini memberi landasan yang penuh mengapa perlu Yesus turun kedunia untuk umat manusia.
kemudian lanjut Keluaran, kitab ini memberi landasan atas keberadaan Israel pada proses Karya Besar Keselamatan bagi Umat manusia.
Ketika Kitab keluaran usai dibaca, saran saya jangan ke Imamat, dari keluaran Anda langsung ke Bilangan
Ketika selesai baca kitab Bilangan, langsung ke Ulangan, kemudian Yoshua.
Selesai baca Yoshua anda bisa kembali lagi ke Imamat dan bacalah.

Kira-kira seperti itulah saran saya.  Ada pertanyaan??


8 comments:

  1. Bantuin Dipromoin Blog nya ya Cha!!!

    ReplyDelete
  2. Makasihh ka peter, saya pengen kembali ke kasih mula2 saya ut baca firman. God Bless u Abudantly

    ReplyDelete
  3. Setelah imamat apa kak? Masih ada kitab yang belum disebutkan :), kan mau menyelesaikan alkitab tapi mau belajar menarik benang merah sesuai urutan yang mudah dimengerti . Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. setealh imamat bisa ke Hakim hakim dan seterusnya, coba cek IG peterskriss juga

      Delete