Wednesday, February 10, 2016

Tetap Berjaga, Bersama-sama!!!




Ketika didengar musuh kami, bahwa rencana mereka sudah kami ketahui dan bahwa Allah telah menggagalkannya, maka dapatlah kami semua kembali ke tembok, masing-masing ke pekerjaannya. Sejak hari itu sebagian dari pada anak buahku melakukan pekerjaan, dan sebagian yang lain memegang tombak, perisai dan panah dan mengenakan baju zirah, sedang para pemimpin berdiri di belakang segenap kaum Yehuda yang membangun di tembok. Orang-orang yang memikul dan mengangkut melakukan pekerjaannya dengan satu tangan dan dengan tangan yang lain mereka memegang senjata. Setiap orang yang membangun bekerja dengan berikatkan pedang pada pinggangnya, dan di sampingku berdiri peniup sangkakala.  (Nehemiah 4:15-18)

Rencana kekacauan mereka gagal, rencana mau menyerang gagal, karena sudah diketahui lebih dahulu. Tuhan melindungi umatNya yang sedang mengerjakan pekerjaanNya, bukan demi kepentingan pribadi tetapi demi kepentingan orang lain, tetangga-tetangganya, komunitas nya, kota nya dan bangsanya.

Meskipun rencana mereka sudah diketahui namun hal ini tidak melengahkan Nehemiah dan teman-temannya. Malahan mereka semakin waspada dan meningkatkan penjagaan! Wow ini keren banget, tidak ada kata santai sedikitpun dari mereka sebelum pekerjaan selesai, meskipun badan capek, siang dan malam bekerja dan berjaga mereka tidak berhenti.

Ketika orang-orang Yahudi yang tinggal dekat mereka sudah sepuluh kali datang memperingatkan kami: "Mereka akan menyerang kita dari segala tempat tinggal mereka,"  (Nehemiah 4:12)

Contoh yang bagus di atas, Nehemiah tidak mungkin mengawasi semuanya. Dia memerlukan laporan. Teman-teman, para pemimpin kita bukan Tuhan yang tahu segalanya, kita perlu terbuka kepada para pemimpin atau otoritas yang kita percayai. Tidak semua masalah bisa kita hadapi sendiri adakalanya kita sudah tenggelam dalam masalah kita dan kita membutuhkan pertolongan!!! Berteriaklah minta tolong begitu tahu  bahwa kita tidak sanggup menghadapi sendiri. Seperti yang dicontohkan orang Yahudi diatas. Carilah pertolongan sebelum masalah menjadi semakin besar. Orang-orang yahudi ini meminta pertolongan kepada Nehemiah sebelum musuh-musuh menyerang, sehingga Nehemiah bisa melakukan sesuatu untuk menolong mereka.

Nehemiah meningkatkan taktiknya. Sebagian anak buahnya melakukan pekerjaan, sebagaian lain memegang senjata; tombak, perisai, panah dan mengenakan baju zirah. Ini disebutkan ada tambahan peralatan lainnya, yakni senjata. Senjata harus disediakan, tidak begitu saja muncul atau turun dari langit. Nehemiah dan orang-orang Yahudi harus menyediakannya. Mereka harus menginvestasikan sebagaian sumber daya mereka untuk mendapatkan senjata. Ada usaha yang lain. Setelah diatas kita meminta pertolongan. Seringkali saran-saran yang diberikan membuat kita harus mengambil langkah extra mile, melakukan sesuatu yang belom pernah kita lakukan, misalnya mencari resources lain, disarankan membaca buku, dengerin sermon dan lain sebagainya.

Coba kita lihat lebih jauh mereka membawa tombak, perisai, dan berbaju zirah, dan juga panah. Juga pastinya pedang. Dan juga Nehemiah menempatkan orang-orang nya untuk berjaga bagi para pekerja, yang bekerja pun ikut juga waspada, memegang senjata di satu tangannya dan tangan satunya lagi dipakai untuk bekerja.

Ada orang-orang yang Tuhan tempatkan dalam kehidupan kita, entah sadar entah tidak orang-orang tersebut menjagai kehidupan kita. Mereka berdoa bagi kita, dari jauh seperti penjaga yang memegang panah, dia mengirimkan panah-panah doa nya memberikan perlindungan rohani lewat doa-doa yang dinaikkan kepada Tuhan, bersyafaat bagi kita, orang-orang ini bisa jadi adalah pemimpin kita, bisa jadi sahabat-sahabat kita, bisa jadi orang-orang yang tidak kita kenal, karena kita melayani Tuhan dan dipakai Tuhan luar biasa sehingga wajah kita, nama kita dikenal namun kita tidak mengenal mereka. Ada orang-orang seperti ini yang Tuhan tempatkan dalam kehidupan kita.

Bahkan kita bisa berperan sebagai pemegang panah tersebut.. Ha! Green Arrow!!! Vigilante, menjaga teman-temannya. Maukah saudara menjadi Pemanah yang berjaga ditempat-tempat tinggi mengawasi dan melindungi teman-temannya dengan doa?

Remember!
While your build your life significant to others, there is someone who watch over you, praying for you

Ada banyak hal yang kita bisa pelajari disini. Tombak untuk berperang jarak sedang, ada orang-orang yang dekat dengan kita yang menyediakan dirinya untuk kita, membangun kita, menegor kita memberikan nasehatnya. Mengawasi kita seandainya kita salah atau terlalu bangga dengan hasil bangunan kita. Tuhan menempatkan orang-orang sedemikian rupa sehingga kita bisa focus dalam membangun. Renungkan DATE tempat anda tertanam, renungkan komsel dimana anda tertanam.
Coba renungkan ini :

Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan kebenaran dan berbajuzirahkan keadilan, kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, dan terimalah ketopong keselamatan dan pedang Roh, yaitu firman Allah, dalam segala doa dan permohonan. Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,
(Ephesians 6:13-18)

Renungkan kembali Surat Paulus kepada orang-orang Efesus ini hampir parallel dengan yang dikerjakan Nehemiah. Saya tertarik dengan anak kalimat ketiga dari ayat diatas : supaya tetap berdiri sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu!!! Wow! Tuhan mau kita tetap tegak berdiri saat pekerjaan usai!!

Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus,
Ini penerapannya di DATE. Tahukah Anda bahwa Nehemiah menyusun orang-orang yang bekerja dalam unit-unit keluarga atau komunitas? Yang semuanya terkoneksi satu sama lain, yang saling membutuhkan satu dengan yang lain, yang pekerjaan yang satu mempengaruhi pekerjaan yang lain. Dan susunan orang-orang yang bekerja itu ada yang saling berhadapan, ada yang saling membelakangi dan lain sebagainya. Sehingga setiap sudut ada yang saling mengawasi!! LUAR BIASA!!!

Anda pasti ingat ini:
Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.  (1 Peter 5:7-9)

Ayat ini jadi makin nyata dan dalam maknanya!!!
Serahkanlah segala kekuatiran kita, karena Tuhan yang pelihara kita, lewat orang-orang yang Tuhan tempatkan dalam kehidupan kita.
Musuh berjalan keliling, kita focus saja dalam kerjaan kita dalam tugas kita tidak perlu selalu berkeliling juga mengawasi musuh, sebab ada orang yang Tuhan tempatkan sekeliling kita mengawasi setiap sudut kehidupan kita 360 °, kita lawan saat berhadapan langsung, dan seluruh saudara-saudara kita mengalami hal sama. Saling menjaga!!! KEREN!!! Awesome!

Semoga ini memberkati Saudara semua
We are in this together, let’s build!!

The bond that links your true family is not one of blood, but of respect and joy in each other’s life [Richard Bach]

No comments:

Post a Comment