Saturday, April 1, 2017

Membaca Alkitab Setahun Secara Kronologis (13)



 MASSK - Hakim-Hakim (Maret 4)
Hanya Delapan hari saja dibutuhkan untuk menyelesaikan Kitab Yosua, dan sekarang kita diambang Kitab Hakim-hakim. Kemaren kita belum lihatatau ulas Yosua dengan baik, mari kita coba kita ulas sedikit tentang Kitab Yosua ini. Sebagian kita pasti mengenal kitab Yosua ini lewat peristiwa jatuhnya tembok Yerikho. Kitab Yosua adalah kitab sejarah, jika dikelompokna dalam pengelompokan umum, yakni pengelompokan Alkitab kita dan yang terjemahan-terjemahan lainnya. Dalam aslinya dalam orang Yahudi memasukkan Yosua ini dalam kitab Para Nabi atau Kethuvim, yang dibagi dua Nabi-nabi pendahulu dan nabi-nabi terakhir. Sejatinya kita hanya mengenal Yosua sebagai panglima perang, pemimpin militer, yang menggantikan Musa, padahal Yosua itu juga nabi! Sama seperti Musa yang adalah Nabi. Musa berbicara kepada TUHAN , TUHAN berbicara padanya  untuk disampaikan kepada umat Israel, bukankah ini sama dengan Yosua, ia menerima berita Firman dan TUHAN untuk disampaikan kepada orang-orang Israel. Hanya karena isinya narasi dan tersusun kronologis penterjemah memasukkannya ke dalam kelompok buku-buku sejarah. Buku Sejarah dalam Alkitab berbeda dengan buku sejarah sekuler, karena Sejarah didalam Alkitab berbicara tentang aktivitas TUHAN dalam dunia manusia, termasuk didalamnya perkataan-perkataan TUHAN dan jaman tersebut hanya nabi yang bisa bertanya jawab dengan TUHAN untuk disampaikan kepada umat manusia, sehingga disebut kitab Nabi Nabi.
Jika 5 Kitab Musa yang terletak diawal disebut Prinsip TUHAN  maka kitab Nabi-nabi mencatat pelaksaanaan prinsip-ptinsip tersebut oelh Umat TUHAN. Yoshua . Hakim-hakim dan setreusnya adalah catatan tentang perjalanan sejarah umat Israel dalam mereka mengikut TUHAN, naik turunnya ketaatan mereka dalam menjalankan prinsip-prinsip tersebut.  Ditulis bagi kita supaya kita  sadar bahwa TUHAN setia dengan perkataanNYA jika mengatakan berkat maka TUHAN akan beri berkat, jika dikatakan terima kutuk maka itupun akan diputuskannya. TUHAN setia dengan FirmanNya, DIA tidak ragu-ragu melaksanakan semua ketetapanNYA dalam kehidupan manusia.
Dengan membaca sejarah, kita jadi tahu tentang TUHAN, kita tahu bahwa TUHAN itu BENAR dan kita tidak bisa menganggap remeh perintahNYA!
Di Joshua kita masih bisa melihat pemelihraan TUHAN, berkat TUHAN masih dirasakan oelh orang Israel karena para pelakusejarah yang dejat dengan TUHAN masih hidup dan tinggal bersama mereka. Namun setelah Joshua mati, orang-orang mulai mengikut jalannya sendiri-sendiri.
Nah Yuk kita lihat apa yang terjadi dalam kehidupan mereka.

  • 31 Maret Hakim-hakim 1:1-18, 19-36, Hakim-Hakim 2:1-5, 6-9, 10-15, 16-23, Hakim-hakim 3;1-6,7-11, 12-30, Sepeninggal Yosua, perang mengklaim tanah Perjanjian dan memukul musuh, merebutnya dari tangan mereka terus dilakukan. Yehuda maju bersama simeon, Yerusalem bisa direbut, Adoni Bezek mati. Yehuda terus bergerak dan memperluas wilayah yang sudah  diberikan kepada mereka untuj mereka kuasai sesuai dengan yang diperintahkan TUHAN lewat Yosua. Dicatat juga ipar Musa, Hobab maju bersam-sama dengan suku Yehuda dan merebut sebuah wilayah di Negev. TUHAN menyertai Yehuda, nama Othnie muncul lagi. Juga dicatat bangsa yang tidak ditumpas dan tinggal diantara mereka. Malaikat TUHAN muncul dan menegur mereka, TUHAN memberi peringatan dan akan memakai bangsa-bangasa yang tdak ditumpas itu menjadi jerat bagi mereka. Mendengar ini, orang-orang Israel menangis namun tidak ada gunanya lagi. Daftar bangsa-bangsa yang  dibiarkan tinggal di Kanaan dan tidak ditumpas. Kita bisa melihat asal segala permasalahan dari bangsa-bangsa yang dibiarkan tinggal tersebut. Bangsa-bangsa ini memperngaruhi orang-orang Israel, sehingga mereka melupakan TUHAN dan mulai beribadah kepada Baal dan Asyera, TUHAN murka, 8 tahun Israel tunduk pada Kusyan Risyataim, Orang Israel berseru kepda TUHAN. TUHAN membangkitkan Othniel, negeri aman 40 tahun. Kemudian Ehud dibangkitkan, untuk mengatasi kesewenangan Moab. Israel aman 80 tahun lamanya.
  • 1 April Hakim-hakim 3:31, Hakim-Hakim 4:1 – 24, Hakim-hakim 5:1 – 31, Hakim-hakim 6:1 – 40, Sambgar dengan tongkat penghala lembu menewaskan 600 orang Filistin. Debora dan barak berkolaborasi, sepeninggal Ehud, Israel kemablai berbuat jahat di mata TUHAN. Sisera palnglima Kanaan malahan tewas ditangan Yael, istri Heber orang Keni . Israel makin kuat Yabin raja Kanaan akhirnya dilneyapkan, sehingga negeri aman selama 40 tahun. Setelah ini Israel melakukan yang jahat lagidihadapan TUHAN, Tuhan menyerahkan mereka ke tangan Midian, Midian dan Amalek berkomplot dan menekan Israel. Mereka berseru kepada TUHAN. Kemudian TUHAN membangkitka Gideon si peragu, yang selalu minta tanda.
  • 2 April Hakim-hakim 7:1 -25, Hakim-hakim 8:1 – 21, 22 – 35, Hakim-hakim 9:1 – 6, 7 – 21. TUHAN menyeleeksi pasukan Gideon, TUHAN hanya perlu 300 orang untuk meyerahkan Midian ke tangan Israel lewat Gideon. Bahkan TUHAN memberi mimpi ke musuh bahwa meraka akan kalah dengan pedang Gideon bin Yoas. Gideon makin peraya kepada penyertaan TUHAN. 300 orang dengan Buyung api dan terompet berhasil membuat musuh kacau. Dua raja Midian dikalahkan dan dieksekusi. Selanjutnya diteruskan cerita drama di keluarga Gideon anatara anak-anaknya dan anak gundiknya. Abimelekh mengangkat diri jadi raja di Sikhem.
  • 3 April Hakim-hakim 9:22 – 57, Hakim-hakim 10:1 – 2, 3 – 5, 6 – 18, Hakim-hakim 11: 1 – 28. Setelah tiga tahun Abimelekh menjadi raja, memerintah atas Israel, Allah membangkitakan semangat jahat antara Abimelekh dan warga kota Sikhem, kekerasan dan pembunuhan terhadap 70 anak Yerubaal dibalaskan darah mereka ditimpakankepada Abimelekh. Abimelekh mati dan kutuk Yotam tuntas. Sesudah Abibmelekh, TUHAN bangkitkan Tola bin Dodo, seorang Isakhar, memerintah Israel selama 23 tahun. Kemudian TUHAN bangkitkan Yair orang Gilead memerintah selama 22 tahun lamanya. Memilki 30 anak laki-laki, memngendarai 30 ekor kuda, mempunyai tigapuluh kota. Setelah Yair mati orang Israel kembali melakukan yang jahat dimata TUHAN , Israel berseru, TUHAN memberikan YEfta.
  • 4 April Hakim-hakim 11:29 – 40, Hakim-hakim 12: 1- 7, 8 – 10, 11 – 12, 13 – 15,  Hakim-hakim 13:1 – 25,  Hakim-hakim 14: 1 – 20,  Hakim-hakim 15: 1 – 20 , Yefta bernazar fatal akibatnya. Seharusnya sudah tahu bahwa TUHAN akan menyerahkan musuhnya kedalam tangannya tetapi dia sepertinya terlalu emosional dan mengucapkan nazar kepada TUHAN. Yefta hanya enam tahun lamanya jadi hakim atas Israel. Sesudah Yefta, maka Ebzan dari Bethlehem menjadi hakim dan memerintah Israel. Mempunyai 30 anak laki-laki dan tigapuluh anak perempuan.  Ia memerintah atas Israel tujuh tahunlamanya. Sesudah Ebzan bangkitlah Elon orang Zebulon memerintah sebagai hakim atas orang Israel. Ia memerintah orang Israel selama sepuluh tahun.  Sesudah Elon ada Abdon bin Hilel orang Piraton memerintah sebagai hakim atas orang Israel, mempunyai empatpuluh anak laki-laki dan tiga puluh cucu laki-laki, mengendari tujuh puluh keledai jantan, memerintah selama delapan tahun. Simson lahir dan dikhususkan. Terkadang aneh dan berpikir cara TUHAN, lewat perkawinan simson dikatakan itu cara TUHAN agar simson mencari gara-gara. Simson mengalahkan orang Filistin dan menjadi hakim dua pulu tahun lamanya.
  • 5 April Hakim-hakim 16: 1 – 3, 4 – 22, 23 – 31, Hakim-hakim 17: 1 – 13,  Hakim-hakim 18: 1 – 31. Simson tergoda dengan perempuan, kemudian dia terpikat oleh perempuan lemabh sorek, bernama Delilah, awal kejatuhannya. Simson terjebak oleh kasamarannya dan akhirnya memberitahu letak kekuatannya dan akhirnya ditangkap oleh orang Filistin. Mencungkil kedua matanya. Akhirnya simson mati bersama denganorang-orang Filistin yang menangkapnya. Dua puluh tahun lamanya dia menjadi hakim. Sebuah catatan tentang Patung sembahan Mikha. Tidak ada raja, namun kemana imam-iman Lewi? Semua beritindak semuanya sendiri. Mikha membuat aturan sendiri tentang penyembahan, dia membuat patung menaruh dirrumahnya, membuat anaknya menjadi Imam, kemudian datang orang Lewi pun dijadikan Imam. Ternyata orang lewi tersebut adalah cucu Musa, anak gersom dia jadi imam ataas suku dan tetapi melayani patung yang dibuat Mikha.
  • 6 April Hakim-hakim 19: 1 – 30,  Hakim-hakim 20:1 – 48,  Hakim-hakim 21:1 – 25. Perbuatan Noda di Gibea, yang berujung pada perang saudara, karena Gibea adalah kota benyamin tetapi suku Benyamin tidak mau memberikan orang-orang dursila kepada orangIsrael untukmdihakimi maka suku-suku Irsael lainnya berkumpul dan menanyakan kepada TUHAN untukmenyerang suku Benyamin, Yehuda yang mau duluan kata TUHAN. Suku Benyamin plus Gibea sebanyak 26,700 orang melawan orang Israel 400.000 orang. Hari pertama Israel kalah tewas, 22,000 kemudida di hari kedua tewa 18,000. Hari ketiga barulah mendapatkan kemenangan, 18,000 orang Benyamin tewas dalam pertempuran tersebbut. Terus diburu sehingga korban bertambah menjadi 25,000 orang. Ada 600 orang yang lari sembunyi dan tinggal 4 bulan disana. Akibatnya Benyamin hampir punah, sementara orang Israel bersumpah tidak akan memberikan anak anak perempuannya menjadi Istri  suku benyamin, dan dalam pasal 21 diceritakan upaya orang Israel supaya Benyamin mendapatkan Istri dan mereka juga tidak melanggakr sumpah.


Demikianlah yang terjadi jika tidak ada pemimpin. Penulis Kiab Hakim-hakim berulangkali mengatakan.

“Pada waktu itu pergilah orang Israel dari sana, masing-masing menurut suku dan kaumnya; mereka masing-masing berangkat dari sana ke milik pusakanya. Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri.  (Jdg 21:24-25)”

Akhir kitab Hakim-hakim ini yang menjadi jembatan teriakan orang-orang Israel kepda TUHAN menuntut adanya seorang raja. Dan raja yang TUHAN inginkan berkuasa belum muncul, sedang dalam proses, yang prosesnya dimulai di Tanah Moab, lewat seorang perempuan bernama Ruth.

Well, kita telah menyelesaikan hakim-hakim, apa yang teman-teman dapatkan?


Regards

@peterskriss

No comments:

Post a Comment