Thursday, April 20, 2017

Membaca Alkitab Setahun Secara Kronologis (15)

MASSK - 1 DAN 2 SAMUEL (APRIL 2)



Saul terus memburu Daud, kemana Daud pergi selalu saja Saul mendapatkan laporan posisi Daud ada dimana. Sepanjamg seminggu ayat bacaan kita ini, kita akan melihat persoalan Saul dan Daud yang semula hanyalah persoalan dua orang, akhinrya menjadi persoalan keluarga dan kemudian menjadi persoalan sebuah bangsa yang membawa kepada Perang Suadara yang berlarut-larut.
Sementara Saul terus berupaya membunuh Daud, justru daud seringkali melepaskan Saaul meski mendapatkan kesempatan untuk membunuh Saul berulang kali. Prinsip Daud selalu tegas, tidak boleh membunuh orang yang diurapi TUHAN. Terhadap keluarganya pun begitu Daud tidak mengotori tangannya dengan darah keluarga Saul, bahkan orang Amalek yang mengaku membunuh saul suapaya mendapatkan hadiah dari Daud pun malahan dihukum mati. Padahal Saul mati karena pedangnya sendiri, meski Isyiboset jahat terhadap Abner pun Daud menghukum orang yang membunuhnya. Apalagi itu diibunuh secara diam-diam bukan dalam perang.
Kita juga akan melihat bahkan dalam pasukan Daud pun ada orang-orang jahat dan dursila yamg mempunyai agenda sendiri dalam mengikut Daud.
Jalan yang cukup panjanng yang ditempuh oleh Daud unutk menjadi raja atas seluruh Israel.

Yuuk ah kita lihat


15 April 1 Samuel 20:1 – 42 , 1 Samuel 21:1 -15, Maz 34: 1-22 Daud dan Yonatan sudah bersahabat erat dan mereka seperti saudara, bahkan Yonatan lebih membela Daud daripada Saul, ayahnya dan saul mengetahuinya dan saul melemparkan tombak ke arah Yonatan. Saul berpikir kenapa Daud tidak datang pada perjamuan dengan raja yang rutin diadakan, ini kayak Lead Night gitu kali yaaa. Dan Daud mangkir dari pertemuan rutin tersebut, pikiran Saul mengatakan bisa jadi Daud sedang tidak tahir… wow!!! Pikirannya selalu negative saja. Sementara Yonatan membela nya dan mengatakan bahwa Daud harus pulang kampong ke Bethlehem, seperti kita tahu bahwa Daud selalu pulang pergi dari Istana ke Bethelem dan Ssaul pun tahu kebiasaan ini, bukan sesuatu yang luar biasa. Namun Saul marah dan memaki maki daud. Akhirnya lewat kode-kode rahasia, Yonatan berpesan kepada Daud untuk melarikan diri. Daud melarikan dir dengan membawa pedang Goliath yang disimpan leh Ahimlekh di Nob. DAud bersembunyi di Gat dan menyamar jadi orang gila. 


16 April 1 Samuel 22:1 – 2, 1 Tawarikh 12:8-18, 1 Samuel 22:3-4, 5-10, 11-23, 1 Samuel 23:1-12, Maz 57: 1-11, 142:1-7, Maz 52:1-9. Setelah dari Gat, Daud melarikan diri ke gua Adulam dan bersembunyi disana. Seluruh keluaraganya mendengar bahwa Daud di Adulam maka mereka semua mendapatkan Daud di Adulam, bertambah banyak dengan bergabungnya orang-orang yang dalam kesukaran, orang yang dikejar hutang, total orang-orang tersebut ada 400 orang. Daud menitipkan kedua orangtuanya kepada raja Moab dan diterima. Menarik jika daud meminta pertolongan kepada raja Moab, apakah karena leuluhurnya Ruth adalah orang Moab sehingga diterima? Setelah itu Daud pergi ke gunung tetapi Nabi Gad berkata supaya Daud kembali ke daerah Yehuda. Karena ada Doeg, orangnya Saul saat daud di Nob maka Ahuimelekh yang menolong Daud dan para imamdisana dibunuh oleh Saul. Perseteruan Saul dan Daud makin meruncing dan jika teman-teman lihat text alkitab, keduanya dalam perkataan selalu mengatakan atau menyebut Nama TUHAN, semua yang mereka lakukan adalah atas Nama TUHAN, jadi bisa dibayangkan apa yang terjadi di kerajaan Israel tersebut, kebingungan… dalam masa masa tersebut daud makin rajin malahan menuliskan pengamlannya dan pergumulannya kedalam lagu.

17 April 1 Samuel 23:13-29, 1 Samuel 24: 1-22, 1 Samuel 25:1a, 1b-22, 23-38, 39-44, Maz 54:1-7 Daud di Zif dan bertemu Yonatan yang malahan menguatkan hatinya. Saul mengejarnya, namun dalam saat yang sama Filistin menyerbu Israel, Saul menghentikan pengejarannya dan pergi menghadapi ornag Filistin. Kejadian itu terjadi di padang Gurun Maon, tempat itu diberi nama baru; Gunung Batu Keluputan. Daud berpindah dari pegunungan Zif ke gunung-gunung berkubu di En Gedi. Setelah Saul pulang dari mengejar oramg Filistin, Saul diveritahu bahwa Daud ada di en Gedi. Kemudian Saul membawa 3000 orang terpilih dari seluruh Israel lalu pergi mencari Daud. Bayangkan 600 orang pelarian melawan 3000 orang terpilih. Ada kesempatan untuk menghabisi Saul, orang-orang Daud memakai nama TUHAn untuk mengambil kesempatan tersebut, tetapi Daud tidak mengijiknannya. Saul Selamat, karena pendirian Daud. Samuel mati. Daud ada di  daaerah Maon kembali, berpekera dengan Nabal, akhirnya TUHAN memukul Nabal, dan istri Nabal yakni Abigail menjadi istri Daud, skrg Daud mempunyaidua istri, yakni Ahinoam dari Yizreel. Michal anak saul telah Saul berikan kepada Palti anak Lais orang Galim.

18 April 1 Samuel, 26:1-25, 1 Samuel 27:1-7, 1 Taawarikh 12:1-7, 1 samuel 27:8-12, 1 samuel 28:1-25, 1Samuel 29:1-11, 1 Tawarikh 12: 19, Maz 1-13. Persembunyian Daud diberitahaukan oleh orang Zif kepada Saul. Untuk kedua kalinya Daud membiarkan Saul hidup kali ini kendi dan tombak Saul. TUHAN membuat semua tentara Saul tertidur nyeynyak. Daud pergi ke daerah Filistin ke Gat dan kepada Akhis raja Gat. Akhis memnerikan Ziklag buta Daud dan tentara-tentaranya. Daud tinggal disana selama 1 tahun empat bulan. Daud menjadi sekutunya Akhis, Raja Kota Gat, Filistin. Pada saat Daud berjalan bersama Akhis untuk berperang ke Yizreel, raja-raja kota-kota Filistin lainnya tidak menyukainya dan tidak percaya, takut jika nanti ditengah peperangan Daud nya berbalik menyerang. Sehingga akhirnya Akhis menyuruh Daud dan tentaranya untuk pulang ke ziklag saja dan tidak usah ikut berperang.

19 April 1 Samuel 30:1 – 31, 1 Tawarikh 12:20 – 22, 1 Samuel 31:1 – 13, 1 Tawarikh 10:1 – 14, 1 tawarikh 9:40 – 44, 2 Samuel 4:4, 2 Samuel 1:1 -16, 17 – 27. Pulang ke Ziklag, Daad dan tentaranya menemukan rumah tinggal mereka terbakar diserbu musuh dan keluarga mereka ditangkap dijadikan tawanan. Orang-orang nya menyalahkan Daud, terdesak dan akan melempari Daud dengan batu.  Dengan ijin TUHAN Daud mengejar gerombolan yang membakar Ziklag dan menculik keluarga mereka, ternyata mereka adalah orang-orang Amalek, dengan 600 orang nya Daud mengejar Amalek, dua ratus orang menunggu di Besor karena terlalu lelah. Daud berhasil merebut kembali, walau ada 200 musuh yang lepas. Barang jarahan sangat banyak, Daud membagi rata kepada semua pengikutnya dan menegur orang-orang dursila yang mengatakan tidak usah dibagi rata. Saul mati bunuh diri, menjatuhkan diri diatas pedangnya diikuti oleh bujangnya pemabwa senjata. Text alkitab mengatakan Saul mati karena perbuatannya tidak setia terhadap TUHAN. Silsilah saul dicatat, Isyboset juiga ikut mati dibunuh. Daud menerima kabar jika Saul sudah mati dari seorang Amalek dan berkata bahwa dia yang membunuh Saul, malang baginya dipikir dapat hadiah malah dibunuh oleh Daud karena membunuh orang yang diurapi TUHAN.

20 April 2 Samuel 2:1 -7, 8 – 11,, 12 – 17, 18 – 3:1, 2 Samuel 3:2 – 5, ! Tawarikh 3:1 – 4a, 1 Tawarikh 11:10 – 19, 2 Samuel 23:18 -39, 1 tawarikh 11:20 – 47. Kemudian Daud pergi ke Hebron dan menjadi raja atas Yehuda. Hebron letaknya memang di Yehuda. Kemudian Daud dan keluarganya  dan orang-orang yang mengiringya menentap di kota kota Hebron. Orang-orang Yehuda datang dan mengurapi Daud jadi raja atas kaum Yehuda. Terjadi peperangan Daud dengan Isyboset, karena Abner telah mengangkat nya menjadi raja atas Israel. Terjadi perang saudara, 19 orang termasuk Asael adik Yoab mati dalam pertempuran ini, inilah yang menyebabkan Yoab menaruh dendam kepada Abner ben Ner. Sementara amak buah Daud menewaskan  360 orang dari suku Benyamin dan orang-orangnya Abner. Ringkasan tentang anak-anak Zeruya yang jadi perwiranya Daud bisa dilihat di 2 Samuel 23. Perang keluarga ini sangat berlarut larut fdan lama, keluarga saul kian lemah, keluarga Daud kian lemah. Selama di Hebron anak anak daud lahir dari keenam istrinya. Bisa dilihat juga di kitab 1 tawarikh

21 April 2 samuel 3:6 -21, 22 – 30, 31 – 39, 2 Samuel 4:1 – 3, 5 – 12. Peperangan antar keluarga saul dan daud terus berlarut. Abner mendpatkan perngaruh kuat di keluarga Saul, tetapi karena perkataan tidak enak dari Isyboset yang menuduh Abner bermain main dengan gundik saul, ayahnya maka membuat Abner marah dan berbalik memihah Daud. Menemui Daud dan  berjanji memabwa seluruh Israel kepada Daud, daud mengadakan perjamuan buat abner dan orang-orangnya. Yoab sedang tidak di kota. Ketika dilaporkan kepada Yoab, maka Yoab  pergi kpd Daud dan berkata bahwa Abner sedang melakukan tipu daya. Kemudian Yoab membunuh Abner, dan rakyat tahu bahwa pembunuhan Abner bukan ranvangan Daud tetapi tindakan individu Yoab demi membalasakan demdam. Isyboset dibunuh oleh anak anak Rimon yakni Rekhab dan Baana orang orang Beerot , disangkanya akan mendapatkan hadiah dari Daud malahan mereka dihukum oleh daud, orang fasik membunuh umat TUHAN, tangan dan kaki mereka dipotong dan mereka digantung di tepi telaga di hebron.


Besok kita akan lihat Daud akhirnya diurapi menjadi raja atas seluruh Israel.

No comments:

Post a Comment