Sunday, April 9, 2017

Membaca Alkitab Setahun Secara Kronologis (14)

MASSK - RUTH // SAMUEL (APRIL1)




Hakim-hakim telah kita lewati kita belajar banyak hal disana bahwa Firman TUHAN itu ya dan Amin, semua TUHAN genapi dengan luar biasa, TUHAN tunjukkan bahwa kata-katanya bisa dipercaya, bahwa semua yang difirmankannya pasti akan digenapi. Jika kalian taat TUHAN akan melindungi dan membela serta memberkati, namun jika tidak taat bahkan menyembah ilah lain maka TUHAN akan meninggalkan mereka dan menyerahkan mereka ketangan musuh, jika mereka bertobat TUHAN akn kirim Penebus dan menolong, membebaskan mereka, demikian seterusnya… jatuh bangunlah Israel di tanah Kanaan. Dan tidak ada keteraturan tidak ada system pemerintahan. Bangsa Israel berteriak kepada TUHAN unutk memeberikan kepada mereka seorang raja bagi mereka yang memerintah mereka di mas akhir pemerintah Hakim Samuel yang juga dikenal sebagai seorang Nabi.  Diantara kitab Hakim-hakim dan Samuel ada sebuah kitab kecil yakni Ruth yang menjadi jembatan antara masa hakim-hakim pada periode terakhir dan datangnya pemerintahan raja-raja Israel.
Sebetulnya Hakim-hakim dan Ruth bisa distukan, karena keduanya saling melengkapi. Alkitab adalah buku suci yang berbentuk sejarah yang menyebabkannya menjadi sangat luar biasa, tidak ada tulisan-tulisan sejenis yang seperti ini. Sejarah awal alam semesta sampai ahir alam semesta semuanya ada disini, sejarah manusia ada disini. Kitab Joshua adalah kitab sejarah yang unik kita melihat sebuah catatan bagaimana TUHAN berkata-kata dan perkataannya terjadi sesuai yang Dia mau persis!!! Kemudian kitab hakim adaah juga sama seperti Joshua, merekam jejak individu dalam sejarah dan nubuatan, itulah sebabnya Ruth bisa dikatakan termasuk dalam jenis buku hakim-hakim. Karena individulah yang disorot, namun dalam skala yang lebih kecil. Jika hakim-hakim banyak orang yang terlibat dan disorot, jika di Ruth hanya sebagian kecil saja. Buku ini kontras untuk itulah bisa saling melengkapi dalam artian kita bisa kenal bagaimana TUHAN bekerja lewat sejarah manusia. Kitab hakim-hakim covers seluruh wilayah Israel, kitab Ruth hanya sebagian kecil saja, namun setelah Ruth kita juga akan kembali covers bagian besar Israel lagi. Ruth cukup pentig bagi gereja TUHAN sekarang, Ruth termasuk salah satu non Yahudi awal yang mengenal TUHAN yang dikenal di Israel.  Dia adalah potret dan perlambang semua orang percaya yang mempunyai darah yang sama bersaudara dengan Yesus Kristus yang adalah raja, karena iman percaya kita kepadanya. Buku Ruth mengingatkan kepada kita pada Yesus, sebab gereja TUHAN sama seperti Ruth dan Boaz seperti Yesus, sang penebus. Naomi adalah Israel.  Kisah cinta romantic Ruth dan Boaz adalah gambaran antar Kristus dengan mempelai wanitanya, the Gentile Bride.

Yuuk baca Ruth untuk lebih mengenal diri kita sendiri.
Setelah Ruth kita akanlangsung bergegas ke jaman awal Israel mencari Raja dan awal pemerintahan Saul!

GOD Bless!!


  • 7 April Ruth 1: 1-5, 6-22. Ruth 2:1-23, Ruth 3:1-18, Ruth 4:1-12 , Ayat pertama memperkenalkan setting sejarah ini diambil yakni masih pada jaman Hakim-hakim memerintah, kira-kira dikurun waktu tahun 1380 -1050 SM, nama nama mahlon dan kilyon menunjukkan kesukaran pada masa itu, sehingga keluarga ini harus pergi ke Moab, menikahi perempuan Moab dibolehkan. Ruth ikut mertuanya, Naomi ke israel setelah suamninya meninggal. Kemudian Ruth bertemu dengan Boaz, Ruth dan Boaz adalah bayangan gereja dengan Yesus Kristus dan Naomi melambnagkan Israel. Lewat Israel lah gereja bisa mengenal Yesus. Akhirnya hukum juga menyebabkan Boaz mengambil serta Ruth. Pengambilan Ruth menjadi istrinya adalah salah satu dari hukum musa yang ditetapkan bagi anak-anak perempuan Zelafedad. Tuhan sudah mempersiapkan sedemikian rupa. Buku Ruth walau pendek, mempunyai makna dan rahasia yang sangat dalam bagi nubutan di masa depan. Dan disiniah cikal bakal keluarga Daud berasal.
  • 8 April Ruth 4:13-22, 1 Tawarikh 2:9-17, 18-24, 25-41, 42-55, 1 Tawarikh 4:1-20, 21-23, 1 Samuel 1:1-8. Ketika Boaz mengambil Rut menjadi istrinya dan kemudian mengandunglah Ruth dan melahirkan seorang anak laki-laki diberinya nama Obed. Dan Naomi dihiburkan, karena selama ini kehidupannya cukup pahit. Naomilah yang mengasuh Obed, kelak Obed akan melahirkan Isai yang merupakan ayah Daud. Kitab Ruth ditutup dengan silsialh dari Peres anak Yehuda sampai Isai memperanakan Daud, 10 generasi. Di tawarikh dicatat bahwa kakek Boaz adalah Nahason pemimpin bani Yehuda, jadi memang Boaz bukan orang sembarangan, mereka adalah orang-orang terpandang, plus dari suku Yehuda pula. Dengan demikian kita akan segera bertemu dengan keluarga Elkana dengan dua istrinya. Alkitab memberi contoh bahwa memiliki dua istri itu tidak mudah karena pasti terjadi ketidak seimabangan dan ketidakadilan, selalu ada yang tersakiti atau menderita
  • 9 April 1 Samuel 1:9-18, 19-28, 1 Ssamuel 2:1-11, 12-26, 27-36 1 samuel 3:1-14, 15-4:1a, 1 Samuel 4:1b-11, Hana bernazar menyerahkan anaknya  kepda TUHAN seeumur hidupnya. Dan ketika Elkana menghampiri Hana di beberapa waktu kemudian, TUHAN mengingat Hana dan membuka kandungannya, mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Samuel. Hana menyapih Samuel dan setelah itu dibawa ke Silo, ke rumah TUHAN, Hana memuji TUHAN dan bersyukur atas semua itu. Samuel tumbuh di keluarga dan lingkungan yang tidak sehat, tetapi menarik, hal ini tidak mempengaruhinya, malahan Samuel bertumbuh semakin disukai baik dihadapan TUHAN maupun manusia. Samuel berasal dari Suku Efraim dan sekarang melayani TUHAN dibawah pengawasan Imam Eli. Kita bisa belajar banyak dari peristiwa pemanggilan Samuel oleh TUHAN secara langsung dan secara audble, perhatikanlah respon Samuel dan juga respon imam Eli. Samuel semkain besar dan TUHAN menyertai dia , tidak ada satu [un dari FirmanNya dibiarkan gugur. Sejak saat itu, seluruh Israel tahu bahwa dari Dan sampai Bersyeba bahwa Samuel telah dipercayakan jabatan Nabi TUHAN. Dan TUHAN menampakkan diri di Silo kepada Samuel dengan perantaraan FirmanNYA. Tabut TUHAN dirampas, bagaimana bisa? Hofni Pinehas dan Eli mati sesuai dengan yang dinubuatkan oleh seorang abdi Allah
  • 10 April 1 Samuel 4:12-22, 1 Samuel 5:1-12, 1samuel 6:1-18, 19-7:2, 1 Samuel 7:3-17, 1 Samuel 8:1-9, 10-22. Eli mati, terlalu gemuk sepertinya, berhubungan dengan kejahatan anak-anaknya? Samuel 4 ditutup dengan, hilangnya Tabut TUHAN dari Silo, dari Israel dan beralih ke tangan orang Filistin. Tabut perjanjian tinggal 7 bulan lamanya di Filistin dan selalu menimbulkan malapetaka di kota-kota Filistin, pertam di taruh di kuil Dagon di Asdod, menimbulkan kegemaparan Dagon jatuh ketanah dan sujud yang kedua kali nya patung dagon jatuh ketanah lagi dan kepalanya terpenggal, berikut juga tangan-tangannya. Tuhan juga menekan orang Asdod dengan borok, kemudian mereka pindahkan ke Gat, terjadi hal yang sama pula, kemudian mereka pindahkan ke Ekron, orang –orang Ekron berteriak dan tidak mau tabut TUHAN ada di ekron, akhirnya diputuskan untuk mengembalikan ke Israel dengan membayar tebusan salah.  Tabut dikembalikan setelah 7 bulan ada di Filistin diantarkan ke Bet Semes, diteriam oleh orang-orang Lewi, namun orang-orang bet semes penasaran dan mereka melihat kedalam Tabut TUHAN akibtanya tujuh puluh dari rakyat itu mati karena dihajarjuga oleh TUHAN. Setelah ini Tabut TUHAN dibawa ke Kiryat-Yearim  ke rumah Abinadab, Eleazer anaknya dikuduskan menjadi Imam. Orang Filistin terpukul kalah, Samuel sang Nabi memerintah sbagai hakin atas Israel seumur hidupnya. Dan ia memerintah dari Ramadan mendirikan Mezbah TUHAN disana. Israel mengehndaki seorang raja.
  • 11 April 1 Samuel 9:1-27, 1 Samuel 10:1-8, 9-16, 17-27, 1 Samuel 10:1-8, 9-16, 17-27, 1 Samuel 11:1-15, 1 Samuel 12:1-25 Saul diurapi menjadi raja. Menarik jika diperhatikan bahwa pada saat anak anak Israel menghendaki seorang raja, TUHAN tidak secara langsung mengabulkannya tetapi TUHAN memberikan banyak sekali semacam kesulitan-kesulitan yang nanti akan mereka temukan. Apakah TUHAN enggan atau memang belum saatnya? Bisa jadi belum saatnya. Seorang Benyamin menjadi raja, padahal suku ini sudah hampir punah beberapa puluh tahun yang lalu.  Pemilihan atas Saul juga menarik untuk diperhatikan. Ada banyak nuansa yang kita bisa perhatikan, dan bagaimana pribadi Saul bisa kita perhatikan juga dari awal kita berkenalan dengannya. Kemudian kita melihat aksi pertama Saul, menyelamatkan Yabesh Gilead, 300.000 orang Israel, 30.000 orang Yehuda menyertai dia. Dilaporkan disana jabatan Saul sebagai Raja diperbaharui, di Gilgal. Sah Saul menjadi Raja kemudian Samuel yang sudah lanjut pamitan kepada bangsa Israel, dia berpidato dan memberi peringatan kepada orang-orang Israel, untuk terus berbakti kepada TUHAN
  • 12 April 1 Tawarikh 9:35-39,  1 Samuel 13:1-5, 19-23, 6-7a, 7b-14, 15-18, 1 Samuel 14:1-15, 16-23, 24-46, 47-52, Daftar silsilah da nasal usul Saul kita bisa lihat di 1 Tawarikh 9:35-39. Baru dua tahun Saul menjadi raja dia menunjukkan ketidaktaatannya. Kata Samuel kepada Saul: "Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya. (1Sa 13:13). Kelak Saul mengulangi kesalahannya ini. Yonatan dan bujangnya memulai sebuah gerakan, kepahlawannya menginspirasi dam menular sehingga pertempuran meluas sampai Bet-Awen. Yonatan terbebas dari kutuk, tentang apa? Akhir bab 14 tercatat tentang musuh-musuh Saul dan keluarga Saul. Saul banyak mengumpulkan orang-orang perkasa, yang dilihatnya pahlawan dan gagah perkasa dikumpulkan kepadanya, dalam narasi ini tidak terlihat campur tangan TUHAN, berbeda ketika narasi Saul menjadi raja, orang-orang gagah perkasa dan para pahlawan digerakkan oleh TUHAN untuk menyertai Saul. Saul mulai mengandalkan kekuatan manusia yang menyertainya.

  • 13 April 1 Samuel 15:1-9, 10-23, 24-31, 32-35, 1 Samuel 16:1-13, 14-23, 1 Samuel 17:1-11, 12-31, sifat dasar saul suka improvisasi yang berlebihan alias tidak taat. Perintah TUHAN jelas, tumpas abis Amalek berikut dengan harta benda mereka, ketidaktaatan ini menyebabkan tahta Israel berpindah dari keluarga Saul ke orang lain. Text mengatakan TUHAN menyesal: Tetapi Saul dan rakyat itu menyelamatkan Agag dan kambing domba dan lembu-lembu yang terbaik dan tambun, pula anak domba dan segala yang berharga: tidak mau mereka menumpas semuanya itu. Tetapi segala hewan yang tidak berharga dan yang buruk, itulah yang ditumpas mereka. Lalu datanglah firman TUHAN kepada Samuel, demikian: "Aku menyesal, karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik dari pada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku." Maka sakit hatilah Samuel dan ia berseru-seru kepada TUHAN semalam-malaman. (1Sa 15:9-1) Kisah berlanjut, TUHAN memilih Daud. Daud diurapi, Roh TUHAN sejak saat itu berkuasa atas Daud, sementara di bagian lain Roh Tuhan undur daripada Saul. Waktu berlalu Daud menjadi hamba Saul dan memetik kecapi saat roh jahat menguasai Saul, tetapi Daud selalu pulang untuk menggembalakan domba. Suatu saat Isai kirim Daud ke garis depan untuk menengok abang-abangnya yang menjadi prajurit, dia heran pasukan Israel sedemikian gentarnya menghadapi Filistin. Sebentar lagi momentnya akan muncul, titik tolak yang mengubah hidupnya.

  • 14 April 1 Samuel 17:32-51a, 51b-58, 1 Samuel 18:1-6, 17-30, 1 Samuel 19:1-10, 11-17, 18-24, Mazmur 59:1-17. Daud dipanggil Saul, bisa jadi saul heran, ini tukang music kenapa tiba-tiba mau maju perang? Saul mengenal Daud sebagai Tukang Kecapi nya, ingatkan? Daud menghadapi Goliath, menang!!! Moral tentara Israel bangkit. Daud menghadap Saul dengan kepala Goliat masih ditenteng ditangannya. Sekali lagi saul tidak mengenali Daud, siapa sih yang mengenali hamba. DAud dan Yonatan menjadi sahabat, jiwa mereka berpadu. Tidak berapa lama iri hati dan kecemburuan menguasai Saul. Saul merencanakan memberikan Merab pada Daud eh malah kemudian diberikan kepada Mehola, terus kemudian dia tahu bahwa Mikhal anaknya yang lain menyukai dan jatuh cinta pada Daud, maka dipakailah Mikhal menjebak Daud namun berujung tau bahwa TUHAN menyertai Daud. Daud berupaya membunuh Daud, berkali kali gagal, Daud belari kepada Samuel di Rama, Saul dan orang-orang suruhannya terus mengejar namun Roh Tuhan menguasai mereka


Bagaimana selnajutnya? Apakah Saul terus memburu Daud? Apakah Daud mempunyai niat buat membalasnya?

See you next week!!!

No comments:

Post a Comment