Wednesday, November 18, 2015

ROH KUDUS Part2 - Friend in All Time

"Sahabat yang setia"


Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, (John 14:16)

Kata yang dipakai untuk penolong adalah Parakletos. Kata yang sama yang sama dipakai oleh Rasul Yohanes dalam suratnya 1 Yohanes 2:1 diterjemahkan pengantar dalam Bahasa Indonesia, dipakai untuk menunjuk pada Yesus.

Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara pada Bapa,  yaitu Yesus Kristus, yang adil.   (1 Yohanes  2:1)

Mengutip Disctionary Word Study:
παράκλητος
paráklētos; gen. paraklḗtou, Berasal dari parakletou  artinya;  menolong, menghibur, memberi nasihat, semangat, memberi pertolongan dalam hal apa saja yang dibutuhkan. Pada masa itu biasanya juga dipakai untuk menyebut seorang penasehat di bidang hukum, atau yang bertindak menjadi pembicara perwakilan dari sebuah pihak. 
παρακαλέω
parakaléō; terdiri dari dua kata pará, artinya dekat atau disamping, dan kaleo artinya memanggil. Untuk memberikan bantuan, menolong, menghibur. 

Jika dua kata ini digabung dipakai secara bersama-sama kita memperoleh sebuah pengertian yang lebih baik mengenai apa yang sedang Yesus sampaikan, bahwa Roh Kudus dipanggil dekat ke setiap kita untuk memberikan pelatihan, arah, perintah.  nasihat, penghiburan dalam perjalanan hidup kita. Inilah panggilanNya inilah penugasanNya terus-menerus berjalan bersama kita. Persis seperti Yesus pada saat ada di muka bumi bersama-sama dengan murid-muridNya. Dia meneruskan karya dan misi Yesus Kristus. Dia tidak akan pernah membiarkan atau meninggalkan kita. Wow!!!
Sehingga pernyataan Yesus :

Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.  (John 16:7)

Jika Yesus tidak naik ke Sorga, Roh Kudus tidak akan datang. Bayangngkan betapa repotnya nanti. Namun karena sekarang dalam rupa Rohm maka tidak ada batasan ruang waktu dan kehadiran. Dia akan selalu ada buat kita dan milyaran orang lainnya dalam waktu bersamaan, sampai  selama-lamanya.  Ini yang Murid-murid ingin dan alami, menunggu di Yerusalem sampai Roh Kudus turun. Mereka menikmati dan merasakan luar biasa dekat Yesus setiap hari, jadi waktu megatakan seorang penolong yang lain, yang seperti Yesus namun akan menyertai mereka sampai selama-lamanya maka mereka bertekun menantikan Penolong itu datang.  Bagaimana dengan kita?

Peranan dan Karya Roh Kudus dalam hidup kita adalah kelanjutan dari Karya Yesus. Tidak akan ada keselamatan diluar Karya Bapa dan Anak, demikian juga tidak ada keselamatan yang tidak ada Roh Kudus berkarya didalam kehidupan kita. 

In perfect fellowship and unity, the members of Godhead partner in the great work of salvation. Though equal ini power and deity, each plays a unique role.


Bapa merencanakan, Yesus mengerjakannya menebusnya dengan kematianNya, Roh Kudus menghidupkannya, mempraktekan dalam kehidupan.

Bahkan bisa dikatakan bahwa Roh Kudus ada dalam berbagai peristiwa penting dalam sejarah Keselamatan, termasuk dalam Penciptaan, Kelahiran Yesus Kristus, Kebangkitan Yesus Kristus, Regenerasi manusia, menginpsirasi dan menjelaskan Kitab Suci, dan karya pengudusan orang-orang percaya.

Peran Roh Kudus dalam Pelayanan Yesus Kristus
Sering peranan nyata Roh Kudus dalam kehidupan Yesus tidak dilihat, Roh Kudus lah yang berperan dalam kedatangan Yesus ke Bumi
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. (Luke 1:35)
Mengurapi Yesus sebelum Yesus memulai pelayanannya pada saat di baptis di sungai Yordan, kita tahu semua ini, Roh Kudus turun dalam rupa burung merpati.
Roh Kudus memenuhi Yesus, memimpinNya, menguatkan, dan membangkitkan Yesus dari kematian.  Jadi Roh Kudus selalu ada disana. Dan meneruskan Karya Nya
.
betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.           (Hebrews 9:14)

Karya Penebusan Yesus, Roh Kudus dan Bapa terlihat ayat diatas bekerja sama dalam Keseluruhan Karya Keselamatan dalam hidup manusia.




Peranan Roh Kudus dalam kehidupan orang-orang Percaya:

MENOLONG, MENGHIBUR, MENGAJARKAN segala sesuatu
MENGINGATKAN perkataan Yesus – FIRMAN TUHAN

tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. (John 14:26)
Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,  (John 14:16)


Roh Kudus akan selalu bersama-sama dengan kita dan memberikan pertolongan. Poin saya disini pada “Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu” dan “mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu”.  Kita mulai dari yang kedua terlebih dahulu, mengingatkan semua perkataan Yesus. Ingat yang dicatat oleh Yohanes diatas ada kata-kata Yesus, jadi kata ganti “Ku” pada kukatakan adalah menunjuk kepada Yesus. Peran Roh Kudus disini adalah mengingatkan semua perkataan Yesus, semua pengajaran Yesus yang disampaikan selama Yesus melayani di Bumi bersama-sama dengan mereka, murid-murid, sebab perkataan ini ditujukan untuk murid-murid Yesus. Jadi nanti pada saat Yesus pergi, para murid tidak perlu kwatir akan lupa perkataan Yesus karena Roh Kudus akan mengingatkan mereka, dan akan mengajarkan juga segala sesuatu yang belum mereka mengerti tentang apa? Menurut saya tentunya tentang perkataan-perkataan Yesus juga yang belum mereka mengerti.

Roh kudus akan mengingatkan perkataan Yesus. Namun jika kita tidak pernah mendengar perkataan Yesus bagaimana mungkin Roh Kudus akan mengingatkan kepada kita, apalagi mengajarkannya? Ini sama seperti ketika kita ujian, kita hanya bisa mengingat jawabannya jika pernah belajar atau paling tidak mendengarkan di kelas ketika guru mengajar. Jika kita tidak pernah mendengar perkataan Yesus apa yang mau diingatkan Roh Kudus kepada kita?

Peranan ini sangat penting karena merupakan landasan atas peranan-peranan Roh Kudus yang lainnya. Namun ayat ini bukan buat kita, karena kita tidak ada disana saat Yesus mengatakan pesan ini kepada murid-muridNya, dan mereka berada bersama-sama Yesus selama 3,5 tahun sehingga mereka tahu perkataan Yesus, jadi Roh Kudus bisa bekerja memgingatkan Murid-murid.

Bagaimana dengan kita? Supaya Roh Kudus mengingatkan kita perkataan Yesus, maka kita harus cari tahu, baca dan dengar perkataan Yesus apa saja. Nah perkataan Yesus kebanyakan ditulis dimana?

Perkataan Yesus kebanyakan dicatat di Injil. Injil, jangan salah Cuma ada 1 Injil buka Empat. Kabar Baik hanya ada satu yakni tentang Yesus, namun dicatat oleh empat penulis yang berbeda jika ingin mendapatkan utuh kabar itu, bacalah ke empat-empatnya. Dan kemudian Rasul-rasul juga mengutip perkataan Yesus dalam surat-suratnya, untuk itu kita harus baca juga surat-surat para Rasul. Kemudian, berikutnya Yesus dan rasul-rasul juga mengutip Perjanjian Lama sehingga mau tidak mau untuk mengerti semua perkataan Yesus yang mengutip Perjanjian Lama, maka kita harus juga melihat ke Perjanjian Lama, dimana perkataan tersebut diambil, sehingga kita akan tahu secara lengkap konteks dari ayat yang dikutip tersebut. Memory otak kita itu luar biasa besar, namun daya ingat kita terbatas, masing-masing mempunyai kemampuan mengingat yang berbeda. Roh Kudus membantu kita untuk mengingat, memanggil kembali apa yang telah kita baca ataupun dengar. Sehingga pada saat saat tertentu, situasi kita tertentu Roh Kudus mengingatkan kita akan Firman Tuhan yang kit abaca dan itu pasti akan menolong kita, akan mengingatkan kita.

Bagian berikutnya adalah Roh Kudus mengajarkan segala sesuatu, sama seperti anda, saya juga seringkali tidak mengerti apa yang dimaksud dalam Alkitab, juga tidak mengerti mengapa keaadan menjadi seperti yang kita alami sekarang, Roh Kudus disini membantu kita mengajarkan segala sesuatu, mengajarkan makna dibalik kata-kata Alkitab yang tidak kita mengerti, memberikan pewahyuan baru, memberikan perspektif baru, sebuah sudut pandang, sudut pandang Alkitab.
Bagian kita adalah membaca Alkitab secara terus menerus, setiap hari. Bagian Roh Kudus adalah mengingatkan Firman Tuhan dan mengajarkannya kepada kita.

MENYATAKAN KEBENARAN
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. (John 14:17)

Dunia ini, sudah jatuh kedalam dosa, sudah sangat korup. Dunia hanya ingin mendengar apa yang mereka ingin dengar, bukan apa yang harus mereka dengar. Dan normal bahwa orang-orang hanya percaya dan menermia orang yang sama seperti mereka. Roh Kudus tidak berasal dari dunia ini, kita tidak berasal dari dunia ini, sehingga ketika kita dipimpin oleh Roh seringkali  dunia tidak bisa menerimanya. Tidak bisa menerima Kebenaran.
Mereka tidak mengenali bahwa itu adalah sebuah Kebenaran yang akan menolong mereka. Kemana kita pergi kita pasti membawa kebenaran, terkadang itu berbenturan dengan tatanan dunia ini tetapi percayalah kita kenal Kebenaran itu dan Roh Kudus menyertai kita sampai selama-lamanya, oleh sebab itu janganlah takut.
Dalam prakteknya di kehidupan kita pribadi, Roh Kudus akan sangat menolong kita, jika ada sesuatu yang salah kita kerjakan Roh Kudus akan menyatakan kepada kita bahwa itu salah, sebab Ia menyatakan kebenaranya sehingga kita diperhadapkan pada yang benar. Jalan hidup kita akan lebih terarah dan jelas jika mengandalkan Roh Kudus sebab resiko untuk berbuat suatu kesalahan sangat kecil karena Roh Kudus menyatakan Kebenaran.

Ikuti Dia, dengar kata-kata Nya maka kita akan berjalan dalam Kebenaran selalu.

MENGINSAFKAN
Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; 
(John 16:8)

Menyambung dari peran dan pekerjaan Roh Kudus diatas, menyatakan kebenaran. Roh Kudus juga menginsafkan. Mungkin kita terlambat merespon Roh Kudus yang sudah menyatakan kebenaran tersebut, Roh Kudus terus mengejar kita, sebab Roh Kudus tinggal didalam kita, mengetuk dengan lembut hingga kita insaf. Luar biasa kita punya teman seperti ini sepanjang hidup kita. 


MEMIMPIN KE DALAM SELURUH KEBENARAN – MEMBERITAKAN HAL-HAL YANG AKAN DATANG
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
(John 16:13)

Kebenaran dikatakanNya, termasuk didalamnya hal-hal yang akan datang.  Logikanya begini, jika kita punya teman akrab, sangat dekat bahkan, tentunya kalau kita punya rencana yang jauh kedepan pastilah jika teman tersebut bertanya akan kita jawab bukan? Apalagi segala rencana yang didalamnya melibatkan teman kita ini, pasti kita akan dengan sukacita mencertitakannya benar tidak?

Dan tentunya jika teman kita ini bertanya pasti dengan suka cita kita akan bercerita. Kita kenal Atribut Ilahi Roh Kudus adalah Maha Tahu, hal hal yang ada pada ALLAH pun Dia tahu, jadi rancangan-rancangan Tuhan dalam hidup kita Roh Kudus tahu, hal-hal yang akan datang Roh Kudus sangat tahu. Firman Tuhan mengatakan Tuhan memberitahukan perjanjiaNya kepada orang yang bergaul karib denganNya, perjanjianNya diberitahukan apalagi rencana-rencanaNya. 

Bagi saya hal ini sangat nyata, menjadi public speaker, berbicara dihadapan orang banyak adalah bukan nature saya 20 tahun yang lalu, saat bertobat dan Tuhan panggil, Roh Kudus bicara sangat jelas bahwa “ kamu akan jadi penyambung lidah bibir bagi KU” sebagai orang yang percaya dirinya rendah, introvert pada saat itu, janji atau perkataan itu sangat-sangat tidak masuk akal, namun ketika melihat sekarang, saya yakin bahwa perkataan Roh Kudus memberitahukan hal-hal yang akan datang adalah amen dan benar!! Ada lagi yang dikatakannya yang sekarang sudah terjadi da nada lagi yang belum terjadi, saya menantinya dengan percaya.

Bagaimana Peters bisa ingat? Tulislah!!!
Habakuk pun diminta Tuhan untuk menuliskan visi yang didapatnya.

BERDOA BUAT KITA

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. (Rom 8:26)

Membantu kita dalam kelemahan kita, ayat ini sangat berbicara keras dan nyata dalam tahun-tahun saya berjalan bersama Tuhan, setelah keputusan yang dibuat untuk menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat. Dan bergema lantang saat-saat akhir-akhir ini ketika kehidupan tidak seperti yang dibayangkan.

Pernikahan adalah hal yang istimewa, hidup bersama dengan orang yang kita cintai dan mencintai kita adalah hal yang sangat istimewa. Itu sebabnya Kristus dan Gereja diperlambangkan sebagai kehidupan pernikahan. Namun apa yang dibangun selama 3 tahun tiba-tiba hancur berantakan, itu adalah seperti menghancurkan dunia, kiamat! Kehancuran kehidupan sekarang dan kehidupan yang akan datang. Kepergian Istri dan anak pulang kembali ke sorga membuat saya sampai pada titik terendah dalam hidup saya, malam-malam yang dilalui dengan air mata dan sendirian, berteriak kepada Tuhan pun sudah tidak sanggup, namun justru disaat-saat sperti inilah Roh Kudus membantu berdoa, dalam keluhan dan erangan yang tidak terkatakan, sesenggukan dari dalam hati yang paling dalam, diterjemahkan kepada Tuhan lewat doa-doa yang tidak terkatakan.

Roh Kudus akan bersama-sama dengan saudara dalam malam-malam seperti itu dalam kelemahan, dalam jam-jam tergelap dalam hidup saudara, Roh Kudus ada bersama saudara.

MENGHIDUPKAN

Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. (John 6:63)
… akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.
(Romans 8:11)

Melihat kembali di kitab Kejadian, Roh melayang-melayang dalam kemudian membawa perubahan, membawa keindahan dan kehidupan dalam kosmos, membawa keindahan dan kehidupan dari kekacauan. Seringkali dalam hidup ini rutinitas bisa-bisa membawa kejenuhan yang berakhir pada kematian, Roh Kudus memberikan kekuatan, tenaga, yang dalam Bahasa aslinya dikatakan dunamos, Roh kudus akan membawa ledakan dalam kehidupan orang yang didiaminya.
Kehidupan menjadi penuh dinamika. Tidak membosankan. Adalakanya dalam keseharian saya merasa sangat bosan, namun kembali ketika dalam sendiri dan berbicara dengan Roh Kudus, memberikan kekuatan segar kembali. Dalam pengertin saya, saat sendiri sedang ngupi akan lebih menyenangkan ketika ditemani.
Saat sedang jenuh menghadapi rutinitas biasanya kita akan call teman dekat kita untuk bertemu, ngobrol yuuuk!!!
Demikian juga dengan Roh Kudus, kenapa kita tidak undang Roh Kudus dan ngobrol? Sehabis itu kehidupan tidak akan membosankan lagi, melainkan penuh dinamika.
Bagi saya itulah Roh Kudus berperan dalam kehidupan saya pribadi. Jika itu berlaku dalam kehidupan saya tentunya akan bisa terjadi dalam kehidupan saudara-saudara.
Dalam terjemahan Amplyfied sangat jelas disana peranan Roh Kudus seperti apa :

And I will ask the Father, and He will give you another Comforter (Counselor, Helper, Intercessor, Advocate, Strengthener, and Standby), that He may remain with you forever-- (John 14:16)


Dan Roh Kudus ada tinggal bersama sama kita sejak kita menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.


Kita tidak menerima roh dunia, tetapi roh yang berasal dari Allah, supaya kita tahu, apa yang dikaruniakan Allah kepada kita.  (1 Kor 2:12)

Dia ada bersama-sama dengan kita, sejak semula. Namun sudah kita mengajak ngobrol Roh Kudus setiap hari? Dia adalah sahabat kita, Dia adalah Penasehat, Penolong, Pendoa, Pembela, Yang memberi kita Kekuatan, dan selalu ada disana bagi kita… bayangkan kita mempunyai teman seperti ini 24 jam.


Well, yuk ngobrol yuk, sambil ngopi tentunyaaa
Tulisan kedepan saya akan share tentang Kita, Yesus dan Roh Kudus..

1 comment: