Saturday, May 13, 2017

SEBUAH PENGANTAR KITAB RUTH



RUTH Sebuah Narasi, TUHAN Bekerja Dalam Rutinitas Sehari-hari untuk Kekekalan

Buku Ruth ini adalah buku yang sangat menarik, mempesona, memukau pembacanya. Tidak lain tidak bukan karena buku ini bercerita tentang kisah cinta seorang perempuan asing bernama Ruth dari Moab dengan pria bangsawan, kaya dan terhormat berasal dari suku Yehuda bernama Boaz.  Dan kisah cinta ini adalah bayangan dari Kisah Cinta Kristus dengan Gerejanya yang tertulis di Golgotha di Kayu Salib di Yudea kira-kira 2000 tahun yang lalu. 
Kitab Ruth ini salah satu kitab perjanjian lama yang penting dan signifikan bagi kita gereja TUHAN, yang bukan pewaris secara darah dari Abraham.  Menariknya lagi adalah buku Ruth ini selalu dibaca oleh para Rabbi di sinagoge pada saat perayaan hari pentakosta, hari kelimapuluh, tepat saat gereja pertama lahir di Yerusalem.

Buku Ruth  ini adalah buku Cinta yang bertahap, kitab yang hanya ada empat pasal ini yang menghubungkannya adalah cinta, Pasal satu, Cinta memisahkan, Pasal Dua, Cinta merespon, Pasal Tiga Cinta mengajukan Permintaan, Pasal Empat Cinta memberi hadiah.
Pasal satu ini bercerita sebuah keluarga Israel dari Bethlehem mengungsi ke Moab karena kelapran di tanah Israel, setting waktunya adalah masa hakim-hakim memerintyah. Elimelekh, dari kata Eli dan Melekh yang beratti Tuhan adalah Raja, Naomi, yang artinya manis, kemjudian kedau anaknya Mahlon dan Kilyon. Kedaua anak Eli dan Naomi ini menikah dengan perempuan Moab, Ruth dan Orpa, setelah 10 tahun semua laki-laki di keluarga ini mati, tingal 3 perempuan, mertua denhgan dua menantu. Naomi mulai berpikir untuk kembali ke Bethlehem dan membebaskan kedua menantu wanitanya dari semua kewajiban yamg mengikat mereka sebagai menantu. Dan juga meiminta mereka tidak perlu untuk mengikutinya ke Bethlehem. Orpa langsung menuruti perkataan Naomi tetapi Ruth tetap bersikeras ikut dan tetap bersama dengan Naomi

Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!" Ketika Naomi melihat, bahwa Rut berkeras untuk ikut bersama-sama dengan dia, berhentilah ia berkata-kata kepadanya. (Rth 1:16-18)

Kata-kata diatas adalah komitmen yang sangat terkenal, sangat sangat impressive dan betrtekad kuat. Karena cinta yang memisahkan Ruth dengan orang-orang Moab dan menuju kehidupan yang baru di Israel bersama dengan Naomi, mama mertuanya. Kata-kata yang penuh komitmen dari Ruth kepada Naomi diatas bisa kita simpulkan sebagai sebuah statement cintanya Ruth kepada Mamamertuanya. Rasa cinta dan saying ini memisahkan Ruth dan dari masa lalunya, dari kehidupannya yang lama.

Pasal dua mencertitakan tentang Ruth yang memunguti bulir-bulir jelai di ladang orang, kebetukan adalah milik Boaz, merupakan sanak family dari Elimelekh, saat ini baik Ruth dan Naomi tidak tahu bahwa Ruth pergi ke ladang dari saudara Elimelekh. Dalam hukum Musa yang berlaku pada masa itu ditetapkan hukum tentang memanen. Memanen apa saja tidak boleh untuk dihabiskan, harus ada disisakan buat orang miskin dan orang asing yang ada diantara mereka.
Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kausabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya, dan janganlah kaupungut apa yang ketinggalan dari penuaianmu.  (Lev 19:9)
Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kausabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya dan janganlah kaupungut apa yang ketinggalan dari penuaianmu, semuanya itu harus kautinggalkan bagi orang miskin dan bagi orang asing; Akulah TUHAN, Allahmu." (Lev 23:22)
Apabila engkau menuai di ladangmu, lalu terlupa seberkas di ladang, maka janganlah engkau kembali untuk mengambilnya; itulah bagian orang asing, anak yatim dan janda--supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu. (Deu 24:19)
Jadi Ruth mengikuti ketetapan hukum Musa yang berlaku dalam kebiasaan ornag Israel, Ruth menyesuaikan diri. 
Kemudian pasal dua memberitahukan kepada kita bahwa Boaz memperhatikannya dan Ruth mendapatkan perhatian penuh dan belas kasihan jika kita tidak menyebutnya Boaz telah menunjukkan kasih sejak semula keyika dia melihat Ruth. Bahkan melarang pegawai-pegawai pria nya untuk tidak mengganggu Ruth. Boaz memberinya perlindungan. Ruth tidak perlu susah susah lagi pergi kemana-mana, Boaz telah memastikan bahwa Ruth akan membaya lebih dari cukup jika pulang dan menemui Naomi, Ruth menceritkan kepada Naomi apa yang terjadi di hari itu kemdian berkata
Lalu berkatalah Naomi kepada Rut, menantunya itu: "Ya anakku, sebaiknya engkau keluar bersama-sama dengan pengerja-pengerjanya perempuan, supaya engkau jangan disusahi orang di ladang lain." Demikianlah Rut tetap dekat pada pengerja-pengerja perempuan Boas untuk memungut, sampai musim menuai jelai dan musim menuai gandum telah berakhir. Dan selama itu ia tinggal pada mertuanya. (Rth 2:22-23)
Ruth merespon apa yang Boaz tunjukkan padanya, sampai akhir musim menuai Ruth tidak pergi kemana-mana, respon Ruth adalah taat kepada apa yang dikatakan Boaz dan taat patuh pada apa yang dikatakan oleh Naomi. Ayat diatas menutup pasal dua ini, Cinta merespon.

Pasal tiga sangat interesting karena semua berbicara soal Hukum Musa tentang pernikahan dan penebusan, Imamat 25 dan Ulangan 25. Naomimengerti betul tentang hukum-hukum Musa, Naomi melihta sebuah kesempatan untuk menyelesaikan permasalahannya dia. PAda saat dia pergi ke Moab tanahnya dijual tetapi masih bisa ditebus lagi tanah warisan tersebut untuk menegakkan warisan atas nama suaminya, namun yang menebus haruslah keluarga terdekatnya, ini disebut Kerabat Penebus atau Kinsman Redeemer, atau Family Redeemer. Kembali Naomi meminta Ruth untuk mengikuti petunjuknya. Pada masa itu biasanya jika menjelang panen selesai Pemilik ladang akan menginap di dekat ladang dan Naomi meminta Ruth unutk mendekari Boaz dan tidur dibawah kakinya
Maka sekarang, bukankah Boas, yang pengerja-pengerjanya perempuan telah kautemani itu, adalah sanak kita? Dia pada malam ini menampi jelai di tempat pengirikan; maka mandilah dan beruraplah, pakailah pakaian bagusmu dan pergilah ke tempat pengirikan itu. Tetapi janganlah engkau ketahuan kepada orang itu, sebelum ia selesai makan dan minum. Jika ia membaringkan diri tidur, haruslah engkau perhatikan baik-baik tempat ia berbaring; kemudian datanglah dekat, singkapkanlah selimut dari kakinya dan berbaringlah di sana. Maka ia akan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan." Lalu kata Rut kepadanya: "Segala yang engkau katakan itu akan kulakukan." (Rth 3:2-5)

Ruth kembali taat

Apa yang Ruth lakukan bukanlah hal yang tidak pantas, itu adalah hal yang umum dilakukan pada masa itu, yang dilakukan Ruth adalah symbol meminta perlindungan yang artinya memohon kepada Boaz untuk dinikahi.
Yang bisa menebus tanah warisan Elimelekh adalah keluarga terdekatnya, dan menurut peraturan Musa bukan hanya tanah saja yang akan jadi miliknya tetapi ternasuk hal yang terkait dengan warisan tersbit dalam hal ini adalah Ruth, Ruth harus dinikahi oleh sang penebus untuk menegakkan nama dari orang yang memiliki tanah yang ditebus tersebut.
Ini semua diatur dalam hukum Musa yang diberikan oleh Tuhan. Jika melihat bagaimana TUHAN mempersiapkan Daud, ini sangat luar biasa, segala sesuatunya dipersiapkan bukan hanya orang-orang yang terlibat didalamnya tetapi juga perangkat hukum yang diperlukan di masa depan. Bahkan kisah tuntutan anak Zelopehad tentang hak warisan ikut membentuk hukum ini yang berguna bagi Ruth dam Naomi
Pada akhirnya Boaz dan Ruth  menikah.i inilah pasal keempat Cinta membuahkan hasil, berkat buat keduanya dan seluruh anggota keluarga, bukan hanya berkat unutk saat itu saja, tetapi juga buat masa depan, tidak hanya bagi keluarga mereka tetapi juga bagi bangsa mereka bahkan bagi dunia, umat manusia

Sanak saudara berkata tentang hal ini
keturunanmu kiranya menjadi seperti keturunan Peres yang dilahirkan Tamar bagi Yehuda oleh karena anak-anak yang akan diberikan TUHAN kepadamu dari perempuan muda ini!" (Rth 4:12)
ini menarik, kenapa nama Tamar disebutkan bukankah Tamar menipu Yehuda untuk dapat dinikahi oelh Yehuda? Sehingga keturunan yang diperolehnya adalah haram dan tidak bisa menjadi bagian dari orang yang masuk dalam jemaat TUHAN kecuali sampai pada keturunan yang kesepuluh. Di keturunan kesepuluh lah kutuk itu akan dicabut.
Seorang anak haram janganlah masuk jemaah TUHAN, bahkan keturunannya yang kesepuluhpun tidak boleh masuk jemaah TUHAN. (Deu 23:2)
Ini adalah kutuk tersebut, pada keturunan kesepuluh lah kutuk ini diangkat, yakni lewat Daud. Janji kepada Yehuda, bahwa tongkat kerajaan tidak akan bisa diambil daripadanya. Bagaimana kan menjadi raja jika keturunananya dikutuk sedemikian rupa, ternyata TUHAN sdah siapkan jalan keluarnya. Sehingga baik janjinya untuk taruh keturunan Yehuda jadi Raja atas saudara-saudaranya atau janji bahwa Messias akan datang dari Suku Yehuda tetap TUHAN tepati tanpa melanggar ketetapannya, dan menariknya TUHAN memakai perempuan-peremuan yang rasanya tidak pantas sebagai perempuan yang menyambung garis keterunan tersebut, Tamar, Rahab, Ruth.
Itulah sebabnya ada daftar silsilah di Buku Ruth bagian akhir, sebab TUHAN akan mendirikan tahtanya lewat keluarga ini, lewat Yehuda yang sudah melewati masa hukuman dan kita bisa menghitung bahwa Daud ada di nomor sepuluh daftar keturunan.
TUHAN sedang mempersiapkan Raja bagi Israel, namun orang-orang Israel tidak sabar dan minta raja dengan segera, disitulah masuk Saul ben Kish dari Suku Benyamin.
Fakta menarik seperti saya sebutkan diatas Kitab Ruth dibaca pada hari raya kelimapuluh atau harui raya Pentakosta oleh para Rabbi di synagogue, dan kita tahu di PB gereja lahir di hari kelimapuluh di Yerusalem. Ruth adalah orang asing, berkomitmen menjadikan TUHAN Israel sebagai TUHANnya dan dengan demikian masuk menjadi umat TUHAN juga, ingat doktrin teologi Pohon Zaitun yang dicangkokkan? Ruth adalah bayangan gambaran gereja di masa yang akan datang, Boaz adalah gambaran Yesus Kristus sang Penebus dan Naomi adalah gambaran Israel, yang keduanya Naomi dan Ruth ditebus bersamaan oleh Boaz.  Gereja untuk mengenal Sang Penebus nya perlu belajar dari Israel, sama seperti Ruth belajar dari Naomi bagaimana aturan hidup sebagai umat TUHAN dan mengenal Boaz yang menebusnya. Tidak kebetulan juga Yesus berkata
Sebab jikalau kamu percaya kepada Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, sebab ia telah menulis tentang Aku. (Joh 5:46)

Membaca kitab Ruth ini seharusnya muncul sebuah kessadaran bahwa jika kita ingin mengenal Yesus secara utuh adalah mencarinya juga di Perjanjian Lama, terutama kitab-kitab Musa dan mennafsirkannya dalam terang pengertian para penulis injil dan  tulisan para rasul yang mengenal Yesus pada saat itu.

Dalam memahami kitab Ruth saja kita perlu tahu apa yang Musa tuliskan tentang Kerabat Penebus dan Pernikahan menurut hukum Imamat pada saat itu. Prinsip-prinsip dalam Kitab Musa banyak dijelaskan buku pelaksanaan dan Penjelasan.
Ada satu frase yang terus diulang di Kitab Ruth ini dan memegang peranan penting daalam hukum dan tradisi yang juga sngat penting bagi kita gereja TUHAN.  Dalam bahasa Indonesia tidak jelas disbutkan, bisa kita lohat di Ruth 2:20, ‘kerabat .. yang wajib menebus’ dalam NLT dikatakan Family redeemer, di the Message disebut Covenant Redeemer, dalam KJV Kinsman redeemer. Ini ada dalam peraturan Musa Bilangan 27:11; 35:19,24. Menurut Hukum tersebut seorang Family Redeemer atau Kerabat Penebus mempunyai tiga kewajiban:

  •  Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga harus menjual sebagian dari miliknya, maka seorang kaumnya yang berhak menebus, yakni kaumnya yang terdekat harus datang dan menebus yang telah dijual saudaranya itu. (Lev 25:25)
  • Menebus saudaranya yang telah jatuh miskin yang telah menjual dirinya menajdi budal Lev 25:35-55. Yang miskin ini harus membayar hutangnya dengan bekerja kepda penebusnya.

  • Mengejar keadilan jika ada kerabatnya yang terbunuh sesuai dengan syarat dan kondisi dalam Bilangan 35:9-34

Syarat dari seorang Family Redeemer atau Kerabat Penebus adalah :

  • Dia adalah benar seorang kerabat dekat·         
  •  Dia memiliki kemampuan, sumber daya untuk menebus
  •  Dia harus mau menebus dengan rela hati
  •  Dia harus mau menebus semuanya yang ada dan yang wajib ditebus, tidak bisa sebagian-sebgaian. Harus jadi satu.

Melihat diatas TUHAN mempunyai penebus bagi kita semua
·          

  • Yesus adalah kerabat dekat, saudara bagi Adam 
  •   Yesus, keturunan Yehuda, Anak domba yang disembelih memiliki kemampuan melakukan semua penebusan

  • Yesus menebus kita dengan rela hati
  • Yesus tidak setengah jalan, Yesus menuntaskan semuanya sehingga berkata “It is finished”
So benar dinyatakan bahwa Boaz adalah bayangan Yesus Kristus, Naomi adalah bayangan Israel, dia juga keluar dari tanah perjanjian dan dibawa kembali lewat penebusan. Ruth adalah pengantin perempuan, Gereja Tuhan masa sekarang.
Supaya Ruth bisa bertemu dengan Naomi, Naomi harus keluar dari Tanah Perjanjian. Boaz tidak bisa langsung menikahi Ruth karena dia adalah orang Moab dilarang oleh Hukum Musa tetpai karena kasih karunia, Ruth berjumpa Naomi dan menikah denhgan anak-anaknya dan menjadi orang Israel bahkan dia sangat komit seperti kata-katanya terkenal Tuhanmu akan menjadi Tuhanku bangsamu akan menjadi bangsaku. Sehingga dengan demikian sah Boaz bisa mengambil Ruth menebus dan menikahinya. What Law could not do, grace did!!!

Ruth tidak menggantikan Naomi, Gereja tidak menggantikan Israel.
Kita umat tebusan bukan Israel belajar tentnag TUHAN lewat Perjanjian Lama, Scripture orang Yahudi dalam terang Perjanjian Baru.
Perjanjian Baru menyatakan peran Yesus Kristus sebagai Family Redeemer, yang menebus kita dari perbudakan dosa dan kematian kita telah menjual diri kita kedalam dosa, masuk kedalam anggota keluarganya kembali dan menikmati semua hal yang TUHAN janjikan kepda umatnya.

Kitab Ruth juga menyatakan kepada kita bahwa TUHAN bekerja dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak perlu sesuatuyang spektakuler, kita melihat kehidupan Naomi dan keluarganya adalah hal yang umum yang terjadi oada masa itu. Tuhan bekerja setiap hari dalam pola nya secara regular secara biasa kadang kita mengabaikannya atau tidak melihatnya, Tuhan bekerja mencapai tujuannya dan memberkatiorang-orangNya lewat kehidupan routine yangs erring orang nggak sadar.

Jika kita belajar untuk setiaa dan faithful ssetiap hari, maka kita akan tetap faithful meski masa krisis datang. Ruth adalah “bukan” umat TUHAN pada masa itu sesuai konteks kitab Ruth. Tuhan pakai umatnya yakni Naomi dan Boaz untuk memberkati Ruth.

Pada Naomi sendri meski dai merasa ditinggalkan oleh TUHAN, kelaparan, kematian suami dan anak-anaknya, namun TUHAN tidak pernah meninggalkan dia.
Iman dalam TUHAN juga memintakita mengambil resiko atas kepetusan yang kita ambil. Satu keluarga dekat juga mempunyai keeajiban dan hak untuk menebus namun dia melihat bahwa menebus Naomi akan membahayakan hartanya juga, lalu muncullah Boaz yang dengan murah hati dan dengan iman mengambil tanggung jawab itu pada ahirnya Tuhan mengaruniakan dia dengan kekayaan lagi.

Bahkan keputusannya itu membawa pada hasil yang abadi, keturunannya menjadi Raja yang hebat di Israel bahkan dari keturunannyalah lahir Yesus Kristus, Messias!

TUHAN memberkati
@peterskriss

No comments:

Post a Comment