Sunday, January 8, 2017

Baca Alkitab Kronologis Satu Tahun (2)



Baca Alkitab Kronologis Satu Tahun, Minggu ke 2


Yes! Kita sampai di minggu kedua bulan Januari tahun 2017, tak terasa ya? Bagaimana seminggu kemaren? Lancar? Banyak insights? Dibagi donggggg…! Saya benar-benar bersyukur ada banyak teman yang ikut dalam perjalanan membaca Alkitab secara Kronologi sejarah ini. Banyak komentar masuk, banyak, banyak pertanyaan, banyak juga pernyataan bahwa menemukan hal-hal baru yang dari dulu memang disana namun sepertinya baru muncul ketika membaca lagi, berulang dan berulang lagi. Yes, sama seperti saya, meski berkali-kali membaca Kitab Kejadian ini selalu menemukan hal yanbf baru untuk dibagi, fresh untuk didengarkan sebagai suara Tuhan.

Rekap minggu lalu, insights saya dapat,
Tuhan memberi second chance kepada Adam maupun Kain, ingat? Tuhan bertanya kepada Adam, “Dimanakah engkau?” hal yang sama kepada Kain “Dimana Habel adikmu itu?” Bukannya Tuhan tidak tau, tetapi TUHAN ingin manusia come clean, datang dan mengaku. Tetapi kasih karunia itu disia-siaakan oleh Adam dan Kain.
Dari daftar silsilah kita menemukan hidden message, dari silsilah pula kita bisa mengetahui panjangnya sejarah manusia, tinggal kita menghitung umur mereka.
Coba perhatikan deretan berikut:
Adam memperanakkan Set pd usia 130 th. Hidup 800 th lagi dan memperanakan anak laki dan perempuan, mati di usia 930 th. Lamekh bapaknya Nuh hidup sejaman dg Abraham selama 56 tahun...
Wooww
Set dilahirkan 130 th stlh keberadaan Adam, memperanakkan Enos di usia 105 th, hidup 807 th lagi dan memperanakkan laki dan perempuan. Mati di usia 912. Enos adalah  cucu adam. Lahir  325 tahun setelah keberadaan Adam, dia memperanakkan Kenan pada usia 90tahun, dia mato pada usia 905 tahun, artinya enos hidup semasa dengan adam selama 695 tahun dan seterusnya dan seterusnya

Jadi adam masih bisa menjadi sumber yang valid ttg Tuhan dan alam semesta sampai pada Lamekh generasi maunisa ke 9.

Lamekh meneruskannya pada Nuh. Terlebih Metusalah bapaknya Lamekh hidup senasa dg Adam selama 243 tahun... Cukuplah utk dengar cerita Alam Semesta diciptakan.
Patut diduga Adam pendahulu pertama umat manusia dan Nuh pendahulu kedua umat manusia, scr terus menerus menyampaikan KASIH ALLAH kepada keturunan2nya melalui fakta sejarah yg mereka alami.  Itulah gunanya Daftar Silsilah, yg kadang kita lewati begitu sajaa


Perhatikan ini:
Arphaksad, Peleg, Rehu, Serug, Nahor, Terah... mereka mati sebelum Abraham mati

Sem masih hidup 35 tahun stlh kematian Abraham
Selah masih hidup 3 tahun lagi setelah kematian Abraham,
Eber masih hidup 64 th lagi stlh kematian Abraham.
Jadi bisa kita katakan Abraham bisalah bertemu dan mendengar cerita2 dari bapa bapa leluhurnya

AWESOME!!
Hey kita perlu meneladani mereka passing our story of Faith and salvation pada generasi-generasi berikutnya sampai Tuhan menjemput kita, atau sampai Tuhan memanggil kita pulang.
Di akhir bacaan minggu pertama kemaren kita sampai pada Abraham, kita melihat prosesnya.  Bagaimana Tuhan menampakkan diri di Mesopotamia, berangkat ke haran kemudian ke kanaan.
Kita kenal sebutan sahabat Tuhan dan kekasih Tuhan. Abraham dan Murid-murid Yesus disebut sahabat Tuhan, sementara Daniel dan Yohanes dikatakan kekasih Tuhan. Ada pola yang terlihat, perhatikan ini
TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia,
dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Tuhan memberitaukan kepada Abraham tentang apa yang akan  terjadi pada sodom gomora. Dan Abraham bersyafaat, negosiasi dengan TUHAN agar Sodom Gomora diluputkan. Ada ponakannya disana.

Term Teman atau Sahabat juga melekat pada murid murid Yesus. Injil Yohanes mencatat

tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Can you see the pattern?
SahabatNYA akan mendengar segala sesuatu yg didengar dari Bapa. Jika kita adalah sahabat Tuhan, maka Tuhan akan memberitaukan hal-hal rahasia.. Sama spt Abraham, murid-muridNya. Bukankah kita juga murid-murid

Friend of GOD --- Tuhan kasih tahu nubuatan, apa yang akan terjadi.
Beloved/yang dikasihi --- Tuhan kasih tahu tentang akhir jaman contohnya; Daniel dengan nubuatan akhir jaman dan Yohanes dengan wahyu,
Masih banyak hal lain yang menarik hati untuk digali, tetapi tujuan dari program ini adalah membaca ALKITAB secara kronologis habis dalam setahun jadi kita harus bergegas sesuai jadual, jika ada yang mau digali, kasih tanda saja, kita kembali lagi kapan ada waktu dan menggali lebih dalam.

Woooow..! Saya makin penasaran rahasia apa lagi  yang mau TUHAN bukakan di minggu ini.
Mari kita mulai lagi perjalanannya.


  • Jan 8. Kej 25-26 Abraham mengambil seorang perempuan bernama Ketura dan melahirkan anak-anak juga baginya. Abraham akhirnya meninggal di usia 175 tahun. Teks mengatakan died at a good old age, an old man and full of years. Dengan kata lain hidupnya penuh. Ishmael disebutkan bersama sama  ishak dan anak-anak lainnya menguburkan Abraham dan juga tercatat keturunan Ishmael, 12 orang.  Ribka yang mandul melahirkan Esau dan Yakub dengan cara yang ajaib, nubuatan atas dua bangsa dikatakan. Yakub menipu Esau. Ishak di negeri Filistin 
  • Jan 9, Kej 27-29 Yakub kembali bersiasat dan menipu bapaknya, untuk mendapatkan berkat. Esau ditikung.  Yakub, yang disuruh pergi mencari istri, menerima perjanjian berkat dari Allah di Betel. Pada umur 85 ia menikahi sepupunya, Lea dan Rahel, dan sewaktu tinggal bersama Laban, Yakub menjadi semakin kaya. Pada periode ini Yakub mendapatkan Ruben, simeon, Lewi dan Yehuda
  • Jan 10, Kej 30-31, Rahel memberikan Bilha bagi Yakub, lahirlah Dan, Naftali. Terjadi persaingan Lea memberikan Zilpa bagi Yakub, maka lahirlah; Gad, Asyer. Kemudian Lea melahirkan Isakhar, Zebulon, dan Dina. Rahel akhrnya melahirkan Yusuf. Setelah ini Yakub dan keluarganya melarikan diri. Laban mengejar mereka. Allah membantu Yakub untuk berdamai dengan Laban, dan kemudian juga dengan Esau, kakaknya di pasal selanjutnya.
  • Jan 11, Kej 32-34 Yakub bergumul dengan Tuhan dan mengubah namanya menjadi Israel, kemudian Yakub berbaik kembali dengan Esau. Perkosaan terhadap anak perempuan Yakub menyebabkan perselisihan di Sikhem.
  • Jan 12,  Kej 35-37  Yakub Di Betel untuk kedua kalinya.  Allah meneguhkan janjinya kepada Yakub. Rahel mati  ketika melahirkan Benyamin sewaktu mereka dalam perjalanan ke Hebron. Lengkaplah sudah 12 anak-anak Israel. Tak lama kemudian Ishak mati di usia 180 tahun. Esau pindah ke sebelah timur  dan memulai keturunan bangsa Edom, mereka mendiami Pegunungan Seir (Ul 2:12). Yusuf pada umur 17 membuat marah kakak-kakaknya yang kemudian menjualnya sebagai budak kepada orang-orang Ishmael 20 syikal perak.  Ia dibawa ke Mesir, dijual laginkepada Potifar, seorang pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja.  
  • Jan 13,  Kej 38-40 Yehuda mengembara  kawin dengan  Syua, perempuan Kanaan.  Mempunyai anak Er dan Onan, kareana jahat dimata Tuhan keduanya dibunuh Tuhan. Yehuda diperdaya oleh menantunya yang menyamar dengan melepas pakaian jandanya. Tanpa  sadar Yehuda  menghampiri menantunya, Tamar. Yusuf di Mesir disana ia menerima tuduhan palsu dan dijebloskan ke penjara.
  • Jan 14, Kej 41-42 Lewat pertolongan Tuhan melalui talentanya menterjemahkan mimpi, yang dia sudah dapat semenjak dari kecil, kita tahu bahwa Tuhan berbicara kepada Yusuf melalui mimpi) Yusuf menjadi perdana mentri di Mesir. Yusuf menjadi orang terkeuat kedua di Mesir setelah Firaun sendiri. Yusuf tidak hanya memberitahu aka nada bencana namun dia memberikan solusi bagaimana menghadapai bencana tersebut. Yusuf diberi nama Zafnat Paaneah, dan memberikan Asnat, anak Potifera seorang Imam di On untuk menjadi istrinya. Alkitab malah menyebutnya “Demikianlah Yusuf muncul menjadi  penguasa atas seluruh Mesir, dan dia baru berumur 30 tahun. Paceklik terjadi, kelaparan merajalela seluruh bumi.  Kemudian anak-anak Yakub yang lain datang mencari makanan di Mesir. Simeon ditahan d Mesir.

Menegangkan ceritanya, tetapi jangan hanya baca rangkumannya saja, yukk baca keseluruhan pasalnya, hanya 3 atau 4 pasal saja sehari… dan tunggulah keajaiban akan datang menghampiri kita, saat kita rajin membaca Alkitab.
Selamat hari Minggu Tuhan memberkati!
Salam
@peterskriss  
find me on IG & Twitter @peterskriss

No comments:

Post a Comment