Saturday, February 21, 2015

KITAB KEJADIAN - Sebuah Pendahuluan



Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi…

PENDAHULUAN

Kitab Kejadian pada bahasa aslinya yakni Ibrani disebut  בְּרשִׁיח  Beresheet “ pada mulanya “ dalam bahasa Inggris disebut In the beginning. Jadi kitab ini dinamakan sesuai dengan kalimat pertama dalam Kitab tersebut, memang demikianlah kitab Torah dinamakan. Kitab kitab orang Ibrani biasanya dalam gulungan jadi kalimat pertamalah yang ada di ujung pangkalnya dan pertama terlihat. Bara artinya, menciptakan dari kekosongan, create out of nothing. Kitab Kejadian membingungkan sebagian kita, karena pelajaran yang kita terima semasa sekolah dulu, pasti ada yang ingat tentang Evolusi, big bang teori. Okay sebelum kita lihat lebih lanjut bagaimana kita membaca akan lebih baik jika kita sama-sama tahu latar belakang kitab Kejadian ini, buku seperti apa, masuk pada literature mana dan seberapa penting buku ini dalam peradaban manusia.   

Ada dua thema utama yang dibahas dalam ALKITAB, yakni apa yang salah dengan dunia ini, dan kedua bagaimana membuatnya menjadi baik atau benar kembali. Sebagaian besar kita pasti setuju bahwa dunia ini bukanlah tempat yang baik untuk ditinggali, ada suatu kesalahan hebat yang menyebabkan dunia menjadi seperti ini. Kitab Kejadian memberitahu kita secara tepat permasalahan apa yang menyebabkanya, dan kitab-kitab lainnya di ALKITAB mengisahkan bagaimana TUHAN bekerja membuat baik kembali dunia ini dengan jalan menyelamatkan manusia yang berdosa dari dirinya sendiri. 66 Buku di ALKITAB menceritakan sebuah Kisah Epic dan dramatis sebuah karya Keselamatan, sebuah PENEBUSAN. Kitab Kejadian memegang peranan sangat penting sebab di buku ini kita diperkenalkan panggung utamanya, para pelaku kisah, dan plot atau scenario dari drama hebat ini. Tanpa bab-bab awal kitab Kejadian ini maka kitab-kitab lainnya tidak akan masuk akal dalam pengertiannya.

Seperti namanya yakni “pada mulanya” maka didalam kitab ini kita menemukan sekali banyak permulaan atas segala seuatu atau asal/origins dari segala sesuatu. Asal Alam semesta kita, Matahari, bulan, bintang-bintang dan planet Bumi. Kita juga mengetahui dari mana asal tetumbuhan, burung, ikan, binatang-binatang. Darimana permulaan sex, pernikahan, permulaan sebuah keluarga, permulaan sebuah peradaban, senuah pemerintahan, budaya, seni dan ilmu pengetahuan, dosa, kematian, pembunuhan dan perang. Sebelas bab pertama Kitab kejadian bisa disebut sebagai ‘Prologue Alkitab’.

Kitab Kejadian tidak hanya membahas tentang asal dari segala sesuatu namun juga membahas pertanyaan-pertanyaan penting dalam kehidupan. Seperti, darimana asalnya alam semesta kita? Mengapa  kita ada di dunia ini? Mengapa kita harus mati? Banyak sekali ilmuwan, para filsuf memberikan teori menjawab semua pertanyaan ini.
Paling tidak kita bisa bagi pandangan para filsuf ataupun ilmuwan tersebut menjadi dua bagian :


  1.  Segala sesuatu adalah hasil dari suatu kecelakaan kosmis (cosmic accident) Big bang theory berasal dari sini. Jadi karena semuanya adalah hasil sebuah kecelakaan sehingga orang berpendapat bahwa kita tidak punya masa depan. 
  2.  Segala sesuatu dan kita adalah sebuah ciptaan yang sengaja dibuat oleh Sang Pencipta. Sehingga ada designer atau pencipta nya.

Hal ini lah memicu 4 pertanyaan dasar manusia, setiap manusia menanyakan hal-hal ini

  •  Siapakah aku
  • Darimanakah aku berasal
  • Mengapa aku disini
  • Kemana aku pergi setelah aku mati

Kitab Kejadian memberikan landasan jawaban atas semua pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kitab Kejadian juga memberikan jawaban dan mengantisipasi filosofi-filosofi/paham-paham yang salah yang berkembang di dunia ini

  •  Atheisme jelas salah,Manusia, Bumi dan seisinya diciptakan oleh TUHAN
  •  Pantheisme dipatahkan, Tuhan itu maha segalanya dari ciptaannya dan dapat dibedakan dari ciptaan
  • Polytheisme dipatahkan, kebenarannya adalah hanya ada Satu TUHAN
  •  Materialisme dipatahkan bahwa unsur-unsur mempunyai awal bahkan juga mempunyai akhir
  • Humanisme dipatahkan, central nya bukan pada manusia tetapi TUHAN lah pusat segala kenyataan.
  • Evolutionism dipatahkan dengan jelas bahwa TUHAN yang menciptakan, bukan lewat evolusi.
  • Uniformism dipatahkan dengan jelas bahwa TUHAN campur tangan.

Di Kejadian juga kita bisa lacak asal segala doktrin-doktrin penting.

  • Doktrin Keselamatan
  • Dibenarkan Karena Iman
  • Pemisahan
  • Kematian dan Kebangkitan
  • Keimaman Harun dan Melkisedek
  • Rapture
  • Sovereign Election
  •  Antichrist
  • Dan masih banyak lagi

Penulis Kitab Kejadian

Kitab Kejadian bisa dikatakan penulisnya adalah anonymous. Namun bagaimanapun juga ALKITAB mengesahkan bahwa Musa lah penulisnya (author) bisa lihat di Mk 12:26, Lk 24:27, Jn 1:45, Ro 10:5, 2co 3:15. Memang semua peristiwa di kitab Kejadian ini terjadi jauh sebelum masa nya Musa jadi Musa pasti mempunyai sumber-sumber untuk menulis. Kita bisa memandang Musa sebagai editor atau sejarahwan yang mengkompilasikan semua sumber, apa yang Musa terima langsung dari TUHAN secara pewahyuan dan supernatural dengan sejarah yang dia dengar dari keluarganya, sejarah tentang nenek moyangnya, tentang Abraham, Ishak dan Yakob.
Jika demikian apa yang tertulis di Kitab Kejadian kemungkinan besar juga diceritakan secara oral tradition saat Israel brada dalam perbudakan di Mesir. Kitab Kejadian mencatat kisah tentang penciptaan, kejatuhan manusia dalam dosa, air bah, panggilan atas Abraham, sejarah mula-mula, asal usul bangsa Israel. Kisah ini selalu mengingatkan orang-orang Israel dalam perbudakan di Mesir, tentang asal mereka tentang masa depan mereka, warisan rohani yang mereka dapatkan, harapan akan adanya hari pembebasan, janji-janji TUHAN kepada Abraham tentunya memberikan harapan kepada mereka. 

GARIS BESAR KITAB KEJADIAN

Pada kitab Kejadian kita akan saksikan bagaimana umat manusia begitu cepatnya berbalik dari Eden dan fellowship yang sempurna dengan TUHAN (pasal 2-3) dan kita lihat bagaimana TUHAN merespon tindakan mereka (pasal 4-8). Kemudian TUHAN mulai merajut sebuah bangsa yang dimulai dari membentuk sebuah keluarga (pasal 11-30; 49). Kita juga akan belajar dari Yusuf bagaimana dia meroket kehidupannya dari tahun-tahun dia menjadi budak berganti menjadi orang paling berkuasa di negeri asing sampai bertemu lagi dengan saudara-saudaranya (pasal 42-46) . Kitab Kejadian ini menjelaskan panjang lebar bagaimana dan mengapa orang Israel datang dan tinggal di Mesir, meletakan dasar dan setting atas apa yang nanti bakal terjadi atas orang-orang Pilihan Tuhan ini di kitab Keluaran dan kitab-kitab selanjutnya.

SARAN MEMBACA NYA

Kitab Kejadian ada 50 pasal, saya sarankan untuk membaca keseluruhannya sekaligus. Namun jika anda tidak ada waktu sama sekali dan harus membaca satu pasal atau beberapa setiap harinya, saya menyarankan anda dapat mendengarkan audio kitab ini lewat ALKITAB SUARA. Tujuannya adalah agar anda mendapatkan gambarannya secara utuh.
Saya menginginkan kita dapat menghabiskannya selama satu bulan, untuk itu saya akan memecahnya menjadi 4 bagian, saya akan pandu setiap minggunya.
Saya akan bagikan bagian-bagian penting setiap seninnya dari apa yang kit abaca, termasuk latar belakang sejarah, pesan moral, atau apapun yang kita bisa pelajari.
Saya undang anda untuk berpartisipasi memberikan komentar, dan saling berinteraksi agar pembacaan ini bisa rutin dan menarik.

Kita bisa bagi kitab Kejadian ini menjadi 4 bagian atau 4 minggu pembacaan.
Silahkan anda bisa membacanya mulai 26 February atau 2 Maret, intinya bulan maret nanti pembacaan selesai. Di bulan April kita akan membaca Kitab Keluaran.

                                I.            AWAL SEJARAH: 4 Kejadian Penting (1:1-11:26)
a.       Minggu pertama; Penciptaan alam semesta, Adam dan Hawa, Kejatuhan manusia kedalam dosa, akibat dosa (1-5)
b.      Minggu kedua; Air Bah, Menara Babel yang mengakibatkan penyebaran bangsa-bangsa (6-11:9)

                              II.            SEJARAH PATRIAKH: 4 Karakter/Tokoh Penting (11:10-50:26)
a.       Minggu ketiga; Abraham (11:10- 20:18), Ishak (21-26)
b.      Minggu keempat; Yakob (27:1-37:1) Joseph (37:2-50:26)

Itu saran saya agar kita tidak kehilangan benang merah kisah nya kita baca seperti diatas, bukankah cukup menarik bahwa Kitab Kejadian dibagi sedemikian rupa atas Peristiwa dan Tokoh ? 
Apakah ini sebuah kebetulan??


Selamat membaca Kitab Kejadian.


 disarikan dari berbagai sumber dan proses mengajar kelas Deeper Bible

No comments:

Post a Comment