Tuesday, December 15, 2015

Bethlehem, Kisah Cinta dan Penebusan, Inilah Natal



Satu lagi yang lekat dengan Natal adalah Bethlehem. Penulis Matius mengutip perkataan Micah dan menggenapi tempat kelahiran Pemimpin yang menggembalakan Israel.

Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel." Matius 2:6

Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagi-Ku seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala. Mikha 5:1

Kata Bethlehem ditemukan ada 54 ditulis di Alkitab dan ada di 52 ayat, versi terjemahan ITB.  Semua kita tahu bahwa Bethlehem tempat kelahiran Daud, Raja Israel, Yesus Kristus dari garis keturunan Daud dan menggenapi Davidic Covenant sudah pastilah hubungannya kesana. Yup, anda benar bisa dihubungkan kesana, namun pernah tidak menarik lagi ke belakang lebih jauh ke belakang, kepada nenek moyang nya Daud, bagaimana ceritanya sampai Daud dan keluarganya tinggal di Bethlehem? Pernah melihat hubungannya Natal dengan Ruth dan Boaz? Wow itu luar biasa sekali! Apalagi jika saudara menyadari bahwa Ruth adalah orang asing, bukan orang Yahudi, nyatanya dia adalah orang Moab! Ruth jadi menantu Naomi, yang adalah orang Israel dari Bethlehem yang mengungsi ke Moab karena kelaparan di Israel.

Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing.  (Ruth 1:1)

Kita semua tahu ceritanya anak anak Elimelekh dan Elimelekh sendiri mati di Moab. Kedua anaknya ini mengambil istri orang Moab. Jadi sekarang tinggallah Naomi dan kedua menantunya , Orpa dan Ruth.

Sehingga Naomi berkata kepada kedua menantunya untuk kembali kepada bangsanya. Orpa menurut dan kembali ke bangsa nya, namun Ruth menolaknya, Ruth berkata;

Tetapi kata Rut: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku; di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan. Beginilah kiranya TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi dari pada itu, jikalau sesuatu apapun memisahkan aku dari engkau, selain dari pada maut!"  (Ruth 1:16-17)


Perhatikanlah yang diwarnai diatas, teman-teman yang belajar kitab Roma pasti kenal dengan kalimat tersebut. Wow!!! Adakah koneksi disana dengan kitab Roma? Teman-teman bisa berdiskusi dari situ. Saya tidak akan bawa kesana, saya akan bawa melihat hubungannya dengan Natal dan betapa pentingnya kata Bethlehem. Bila melihat ayat diatas, nyata bahwa kasih karunia, keselamatan itu ada bagi bangsa-bangsa lain, pada saat itu lewat Israel. Teman – teman bisa melihat asal muasal gereja atau nubuatan tentang Gereja yang dicangkokan kedalam Israel.

Trivia,
 Bethlehem artinya adalah Rumah Roti, Saya perhatikan akhir-akhir ini ada banyak yang membangun rumah roti, Ginger Bread… ahhhh menarik. Saya tidak mencoba untuk menghubung-hubungkan tradisi ini, namun kita bisa juga pakai sebagai alat untuk bercerita tentang Bethlehem hahaha…

Be Creative with your Gospel!!!

Kembali ke Ruth, Buku Ruth yang hanya 4 pasal  menjadi sangat penting, karena Ruth lah maka Juru Selamat lahir di Bethlehem. Bethlehem yang adalah Rumah Roti dikenal sebagai Rumah Daud, The House of David. Dan Kisah Ruth dengan Boaz juga sangat signifikan, sebuah buku pendek, sebuah kisah cinta yang luar biasa, bisa dikatakan Ultimate Love Story yang pernah dicatat di Alkitab, baik secara literal, baik secara pribadi pasti akan berpengaruh pada kita, jika kita benar-benar membacanya dengan sungguh, juga pada level prophetic, buku Ruth ini sangat signifikan pada keberadaan Gereja, Ruth bercerita tentang profil dan peranan Penebus, membantu kita memahami Buku Wahyu terutama pasal 5 dan pastinya kita akan Buku Ruth lah yang membuat akhirnya Bethlehem dikenal sebagai House of David dan juga koneksi nubuatan Mikha tentang Kelahiran Gembala dari Bethlehem, Gembala Israel, semua bermula di Buku Ruth ini. Hanya empat pasal, baca yuuukkk. The book of Ruth is the reason why Jesus born in Bethlehem.

Nenek moyangnya Berasal dari Bethlehem, Boaz dan Ruth. Dan kisah cinta mereka adalah bayangan Gereja dimasa yang akan datang, Gereja tidak aka nada tanpa Natal, Natal tidak aka nada jika Ruth tidak berjumpa dengan Boaz.

Sangat disayangkan ketika Tour ke Israel tahun lalu tour guide ataupun tour leader lokal tidak menyebutkan fakta ini pada saat berkunjung ke Bethlehem, padahal hari itu pas Natal, dan maknanya akan menjadi sangat dalam ketika semua ini diceritakan apalagi peserta Tour pastinya adalah orang-orang bukan Israel. Bukankah akan sangat teringat dalam hati dan kepala kita jika seseorang bercerita kepada kita tentang asal-usul kita, keterlibatan kita pada suatu yang besar?
Sayang sekali kesempatan itu tidak dipakai. Seandainya saja ada Tour yang bisa menceritakan semua ini di lokasi yang benar dan ada hubungannya dengan sejarah Yesus Kristus. Bukan tempat-tempat lainnya.... 

Secara garis besar Buku Ruth bercerita tentang Love and Redemption Story. Tidakkah teman-teman bia melihat buku ini merupakan bayangan atau nubuatan untuk masa yang akan datang, tentang kita, tentang orang asing, tentang gereja yang ditebus dan masuk dalam keluarga Tuhan?
Boaz adalah gambaran sang Penebus itu, Naomi adalah gambaran dari Israel dan Ruth adalah gambaran dari Gereja. Sejak semula, Keselamatan adalah untuk semua orang, Penebusan adalah untuk semua orang, untuk semua ciptaan.
Sanak keluarga harus menebusnya, dan tidak hanya Tanahnya saja namun juga yang berpaut pada Tanah pusaka itu yakni Ruth, yang lain tidak mau jika ada Ruth, namun hukum pada saat itu mengatakan Ruth harus ikut serta, sehingga Boazlah yang menebusnya. Redemption for the Gentile Bride and The Land!!! wow!!
Nubuatan tidak sekedar suatu janji dan ditepati, namun kita bisa melihat pola, dalam Boaz kita bisa lihat pola atau pattern sang Juru selamat, Sang Penebus, berdasar kitab Ruth, dia harus seorang kerabat, sanak saudara, dia harus mampu dan sanggup, namun dia juga harus rela hati, dan juga melakukan semua kewajiban yang harus dilakukan sebagai seorang penebus. (ingat cerita domba yang hilang, kewajiban untuk restorasi juga, tidak sekedar menemukan atau menebus...woooow)
Itulah bayangan Yesus Kristus, Yesus adalah saudara kita, keturunan Adam, dia sanggup dan mampu, dan juga tunduk dan rela hati melakukan semuanya. 
Can you see the pattern?

And you know what?
Buku Ruth itu lazim dibaca oleh orang Israel di synagoge pada perayaan Pentacosta hari ke lima puluh. Fetival of Shavout. Kita tahu bahwa pada hari itu adalah peristiwa kelahiran gereja, kita peringati sebagai orang Kristen, hari Raya Pentakosta. 3000 orang bertobat, jemaat mula-mula. Apakah kebetulan?? Ruth, Shavout, Natal, Gereja mula-mula?

See, untuk membawa Ruth pulang, Naomi harus keluar dari tanah Israel, apa yang tidak bisa hukum kerjakan, dipenuhi oleh, grace, kasih karunia, Ruth beroleh kasih dari Naomi, Ruth tidak menggantikan Naomi, Ruth belajar bagaimana mendekati Boaz, atau tata cara yang Boaz lakukan dari Naomi, terus ini menarik.. Naomi bertemu Boaz lewat Ruth, saat saya menulis ini ingatan saya kembali ke Teologi Olive Tree di Roma. Perhatikan ini, betapapun besar cinta Boaz, namun dia menunggu  Ruth. This is God and Church relationship.

Itulah Natal!! Dari Bethlehemlah asal muasalnya, dan Kaisar Agustus tanpa dia sadar dia jadi alatnya Tuhan untuk membuat Sensus, sehingga setiap orang harus kembali ke rumah pusakanya. Kembali ke kota asalnya. Yusuf dan Maria keduanya dari keluarga Daud, walau dari garis anak Daud yang berbeda, mereka harus kembali ke Bethlehem. Sehingga nubuatan di genapi!

Bethlehem, episode baru Kisah Cinta dan Penebusan sedang dimulai, itulah Natal

 Well, saat ini jika saudara bersama-sama keluarga atau teman-teman sedang membuat Rumah Roti Ginger Bread, coba sambil berkisah tentang Natal di Rumah Roti Bethlehem pasti akan lebih seru!!

No comments:

Post a Comment