Saturday, December 5, 2015

NATAL KOK DESEMBER? NATAL ITU SEPTEMBER Broo...!



NATAL KOK DESEMBER, NATAL ITU SEPTEMBER (Bagian Dua)

Dari blog terdahulu, kita sudah sampai pada konklusi bahwa yang paling memungkin berdasarkan bukti bukti diatas kelahiran Yesus Kristus terjadi di tahun 2 SM di musim gugur, sesuai juga dengan fakta yang ditulis oleh Penulis Injil, dimana ternak tidak keluar. Maka konklusinya adalah di tahun 2 SM di musim gugur, pasti di musim gugur awal, tidak diakhir musim gugur jelang musim dingin. Jadi BUKAN BULAN DESEMBER.
Kemudian timbul pertanyaan juga: jika bukan bulan Desember jadi  tepatnya kapan di musim gugur tahun 2 SM ?
Dan saya katakana juga fakta tentang kelahiran Yohanes pembaptis memberikan sumbangannya. Narasi teks kelahiran Yohanes Pembabtis yang dicatat dalam Injil mengatakan sebagai berikut:

Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. (Lukas 1:5)

Pada suatu kali, waktu tiba giliran rombongannya, Zakharia melakukan tugas keimaman di hadapan Tuhan. Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ. Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan. Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan. Melihat hal itu ia terkejut dan menjadi takut. Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes. (Lukas 1:8-13)

Ketika selesai jangka waktu tugas jabatannya, ia pulang ke rumah. Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri, katanya:
(Lukas 1:23-24)

Perhatikan kalimat ataupun anak kalimat yang diwarnai kuning. Fakta-fakta tersebut menunjukkan waktu, kita bisa melacak kapan Yohanes dilahirkan dan kemudian melacak kapan Yesus dilahirkan.
Sekarang kita cari tahu dulu kapan Yohanes Pembaptis dilahirkan.  Dari fakta Kelompok Imam Zakaria kita bisa tentukan. Kita tahu bahwa Daud membagi kelompok-kelompok Imam dan memberikan jadual tugas kepada mereka untuk melayani di Bait Allah.

Daud, bersama-sama Zadok dari bani Eleazar dan Ahimelekh dari bani Itamar, membagi-bagi mereka menurut jabatan mereka dalam penyelenggaraan ibadah.  (1 Tawarikh 24:3)

yang ketujuh pada Hakos; yang kedelapan pada Abia; (1 Tawarikh 24:10)

Itulah jabatan mereka dalam menyelenggarakan ibadah setelah mereka masuk rumah TUHAN, sesuai dengan peraturan yang diberikan kepada mereka dengan perantaraan Harun, bapa leluhur mereka, seperti yang diperintahkan kepadanya oleh TUHAN, Allah Israel. (1 Tawarikh 24:19)

Imam-imam keturunan Harun dibagi menjadi 24 kelompok Imam untuk melayani di Bait Allah, dan setiap kelompok bertugas melayani selama 1 minggu dari Sabbath ke Sabbath. Kelompok Abia dimana Zakaria, bapak nya Yohanes berada adalah merupakan kelompok ke 8.

Bait Suci seperti  dilaporkan oleh Josephus dihancurkan oleh Kaisar Titus pada 5 Agustus tahun 70 M, pada saat kelompok pertama baru mulai bertugas. Singkat cerita jika kita Tarik mundur ke belakang maka Zakaria mengakhiri masa tugas nya di Bait Suci  dan pulang ke rumah kemudian menghampiri Elisabeth kira - kira 13 Juli tahun 3 SM. Jika Yohanes lahir setelah dikandung selama 280 hari maka kelahiran Yohanes kira-kira pada tanggal 19 atau 20 April tahun 2 SM, pada saat perayaan Paskah pada masa itu. Wow fakta yang menarik, karena Yohanes pembaptis memperkenalkan Yesus Kristus sebagai Anak Domba Allah, Anak Domba Paskah… wow!
Jadi jika Yohanes Pembaptis lahir pada tanggal 19 atau 20 April 2 SM maka ulang tahunnya ke 30 alias usianya mencapai 30 tahun adalah pada tanggal 19/20 April tahun 29 M, pada masa tahun ke 15 pemerintahan Kaisar Tiberius.

Hitunglah yang berumur tiga puluh tahun ke atas sampai yang berumur lima puluh tahun, semua orang yang kena wajib tugas, supaya mereka melakukan pekerjaan di Kemah Pertemuan.  (Bilangan 4:3)

Dalam tahun kelima belas dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene, (Luke 3:1)

pada waktu Hanas dan Kayafas menjadi Imam Besar, datanglah firman Allah kepada Yohanes, anak Zakharia, di padang gurun. Maka datanglah Yohanes ke seluruh daerah Yordan dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu,  (Luke 3:2-3)

Yohanes memulai pelayanannya pada tahun ke 15 pemerintahan Kaisar Tiberius tahun 29 M. Jadi semua ini memberi bukti fakta bahwa peristiwa kelahiran Yohanes dan Yesus Kristus terjadi di tahu 2 SM. Dikatakan bahwa Yohanes 5 bulan lebih tua dibanding Yesus Kristus maka terkonfirmasi juga bahwa kelahiran Yesus Kristus terjadi pada masa musim gugur tahun 2 SM

Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.  (John 1:29)
Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"  (John 1:36)

Sangat menarik bahwa Yohanes Pembaptis sering menyebut bahwa Yesus Kristus adalah Anak Domba Allah, dan berhubungan fakta bahwa Yohanes Pembaptis lahir pada pas Perayaan Paskah! Interesting fact!!

Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. (Lukas 1:36)

Ini kira – kira terjadi pada minggu ke empat Desember tahun 3 SM, saat Maria mengunjungi Elisabeth. Kemudian teks Alkitab di Injil memberikan informasi berikut:

Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya. Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki. (Luke 1:56-57)

Jika Yesus lahir 280 hari kemudian maka tanggal kelahirannya kurang lebih tanggal 29 September tahun 2 SM, pas pada saat itu perayaan Hari Sangkakala “Feast of Trumpets”
Dari sekian sumber yang saya baca dan pelajari dan selidiki bisa jadi fakta fakta ini tidak tepat 100 % tetapi tanggal diatas, didukung oleh bukti-bukti yang lebih masuk akal.

Jadi konklusi nya adalah bahwa :

YESUS KRISTUS  LAHIR  pada tanggal 29 SEPTEMBER tahun 2 SM
BUKAN 25 DESEMBER

Jadi bagaimana sekarang? Apakah semua kebohongan? Apakah Semua tidak benar? Bagaimana sikap kita?
Yohanes Pembaptis lahir dan hidup di dunia ini adalah Fakta, Sejarah Sekuler dan Alkitab mencatatnya.


YESUS KRISTUS lahir ke dunia ini dan hidup di dunia ini juga adalah FAKTA SEJARAH yang tidak bisa terelakkan.
Sejarah Sekuler banyak sekali memuat bukti-bukti dan Sejarahwan dan laporannya yang mendukung fakta yang ditulis oleh ALKITAB


Jadi mengapa tanggal 25 DESEMBER dirayakannya?

Simpan pertanyaan itu, sebentar lagi saya akan menjawabnya. Sepertinya saya perlu Kopi. Ada yang menemani saya ngopi?
Terima kasih buat semua respon yang diberikan baik lewat kolom komentar, WA, Email maupun secara langsung. Saya tunggu respon-respon berikutnyaa…
Tunggu yaaa why 25 Des..

No comments:

Post a Comment