Sunday, November 22, 2015

ROH KUDUS Part 3 [Friend with Power - Power to Serve]




Hello Again!!!


Cukup lama ini menyambung tulisan yang kemaren tentang Roh Kudus. Rencananya tulisan ini akan ada 4 series, ini tulisan ketiga, tulisan keempat coba mengupas tentang bahasa Roh

Tulisan sebelumnya saya menulis banyak tentang karya dan peranan Roh Kudus dalam kehidupan kita pribadi, sebagai Sahabat yang sangat luar biasa. Terus tujuannya apa dong setelah Roh Kudus ada bersama-sama kita dan berkarya dalam kehidupan kita?
Jawabannya disini nih, di perkataan Yesus juga, 


Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.  (Joh 14:12-17)


Perhatikan kata-kata yang cetak miring dan diwarnai di atas.  Yesus pergi kepada Bapa untuk meminta seorang Penolong yakni Roh Kudus, supaya kita dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang Yesus lakukan, apakah pekerjaan-pekerjaan Yesus itu? Semua hal yang Yesus kerjakan selama di muka bumi ini, mengabarkan Kabar Sukacita, Kabar Keselamatan dengan memakai juga segala atribut yang Tuhan pakai juga di muka bumi ini termasuk didalamnya mujizat, perkataan dan penuh kuasa dan hal-hal lainnya.
Jadi Roh Kudus diberikan kepada kita menjadi sahabat kita sepanjang waktu untuk meneruskan pekerjaan-pekerjaan Yesus di muka Bumi ini, tidak serta merta demi kepentingan pribadi kita saja. Jadi ada dua hal penting yang mesti terjadi jika hidup kita dipenuhi oleh Roh Kudus.  Dan kedua hal tersebut berhubungan dengan Yesus.
Mari kita lihat satu persatu dan apa implikasinya dalam kehidupan kita sehari-hari.

BERSAKSI TENTANG YESUS
Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa,
Ia akan bersaksi tentang Aku. (John 15:26)
Jelas!!! Roh Kudus akan bersaksi tentang Yesus. Bukan tentang diri Roh Kudus, apalagi tentang diri kita. Kita adalah saksi-saksi Kristus, sehingga jika Roh Kudus ada dalam hidup kita, yang terjadi adalah kita akan semakin percaya dan berani menjadi saksi-saksi Nya, Roh Kudus akan mendorong kita untuk bersaksi tentang Yesus.

Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."             (Matius 28:18-20)
Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Acts 1:8)


Kita akan menjadi saksi yang penuh kuasa, bersaksi tentang Yesus Kristus. Roh Kudus dalam hidup kita bukan untuk gaya-gaya an, bukan untuk membuat orang terpesona, tidak untuk membuat impress orang lain. Seringkali orang bertanya kepada saya, kenapa dengan mereka yah Pet, mereka sepertinya dipenuhi Roh Kudus tetapi kok tingkah laku mereka tidak mencerminkan itu ya? Jujur jika mendapatkan pertanyaan ini saya juga tidak tahu jawabannya. Manusia itu mahluk yang sangat unik dan kompleks, action atau tingkah laku manusia itu banyak sekali penyebabnya. Jadi tidak bisa mengambil kesimpulan begitu saja. Roh Kudus masuk dalam kehidupan manusia, berkarya dan berperan, mengambil alih itu adalah sebuah proses. Dan proses ini bukan instan, bukan sulap ataupun sihir. Proses pengambil alihan ini juga bukan kudeta dengan paksaan. Artinya seperti yang Paulus katakan, sebuah pembaharuan pola pikir. Proses itulah yang bisa kita lihat.

Kita tahu  ROH KUDUS bekerja dalam hidup jika kita semakin TERPESONA pada YESUS,  semakin rindu untuk MELAYANI dan TAAT pada NYA SELALU SIAP untuk BERSAKSI Tentang YESUS SELALU SIAP MELAYANI Umat TUHAN  yang DIA KASIHI

Inilah yang terjadi dan seharusnya terjadi, semuanya adalah tentang Yesus. Tentunya juga bukan pribadi yang membosankan. Well apa sih yang membosankan jika berbicara tentang Yesus. Asalkan Yesus lah yang menjadi pusatnya bukan kita. Berserah saja kepada Roh Kudus dan Dia akan tahu kapan waktunya berbicara tentang Yesus dan bagaimana. Dan perkataan kita menjadi penuh kuasa, Roh Kudus berkata kepada kita bahwa Yesus mengasihi kita dan selalu bersama-sama kita. Roh Kudus membawa kita dari orang yang sekedar tahu Tuhan adalah Bapa secara teori saja menjadi orang yang benar-benar mengalami bahwa Tuhan adalah Bapa kita, karena Roh Kudus kita bisa berseru”Abba Bapa!” 

Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!" (Galatians 4:6)

Kesaksian kita menjadi hidup!!! Kesaksian kita menjadi nyata, karena kita mengalaminya. Pengalaman adalah alat yang sangat kuat untuk kita bercerita tentang Siapa Yesus Kristus itu. Berjalan bersama Yesus, berbagi pengalaman dengan Yesus adalah setiap hari, dan setiap hari ceritanya selalu baru. Saudara jika mendapatkan pengalaman baru pasti sangat antusias untuk bercerita bukan? So? Kebenarannya adalah jika kita berjalan dengan Yesus, adalah perjalanan penuh keajaiban, penuh mujizat, perjalanan yang supernatural. Jadi nya pasti banyak yang bisa diceritakan.
Apa kisahmu hari ini bersama nya? Mari kita ceritakan, mari kita beritakan, mari kita jadi saksi nya!!

MEMULIAKAN YESUS

Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. (John 16:14)


Hasil karya Roh Kudus dalam kehidupan seseorang akan Nampak dengan mudah dikenal, sebab salah satu peran utamanya adalah memuliakan Nama Yesus, dengan cara bersaksi tentang Kerajaan Nya, Karya KeselamatanNya, dahulu , sekarang, dan yang akan datang. Tujuan Roh Kudus bekerja adalah untuk memuliakan Nama Kristus Yesus, sehingga Roh Kudus akan sangat bersukacita jika tujuannya ini tercapai, dan akan kelihatan sekali dalam pribadi seseorang yang dimana Roh Kudus diam. Seterusnya Roh Kudus juga bekerja untuk melanjutkan dan meningkatkan Karya Kristus untuk mempermuliakan Bapa, dan menguatkan serta memperlengkapi dan mengurapi orang-orang percaya untuk melakukan hal yang sama.
Pada akhirnya karena kita oleh Roh Kudus terus menerus memuliakan Yesus Kristus maka kita akan semakin menjadi sama seperti Kristus, benarlah apa yang dikatakan Rabbi Saul;

Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. (2 Corinthians 3:18)


Manusia menjadi serupa dengan apa yang mereka puja dan sembah. Roh Kudus bekerja mendorong memperbesar pengagungan kita kepada Kristus sehingga orang-oranf menjadi sama seperti Dia. Jadi pengudusan datang dari pengagungan dan keduanya terjadi karena Karya Roh Kudus dalam hidup orang percaya.
Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.  (John 16:7)

KEDATANGAN ROH KUDUS ADALAH
AGAR KITA DAPAT MELAKUKAN
PERKARA PERKARA YANG YESUS LAKUKAN
BAHKAN LEBIH BESAR

παράκλητος
paráklētos;
But the Comforter (Counselor, Helper, Intercessor, Advocate, Strengthener, Standby), the Holy Spirit, Whom the Father will send in My name [in My place, to represent Me and act on My behalf], He will teach you all things. And He will cause you to recall (will remind you of, bring to your remembrance) everything I have told you. (John 14:26)

Seorang Sahabat yang sangat berkuasa, Maha Kuasa diberikan kepada kita, KuasaNya juga bersama-sama kita, namun Kuasa itu bukan untuk digunakan untuk kepentingan kita namun untuk melayani orang-orang.
Jika Roh Kudus berkarya didalam hidup orang percaya maka hidupnya akan Kudus namun tidak membosankan, selalu dinamis, berani bersaksi tentang Kristus dan KerajaanNya, memuliakan NamaNya, dan sama seperti Yesus, dia akan rela menjadi hamba untuk melayani saudara-saudaranya.

ARE YOU WITH ME?


When the HOLY SPIRIT is working in our lives,

There will be a dynamic quality of holiness

Evangelistic boldness  and

An otherworldly willingness

to play the role of a servant to others

No comments:

Post a Comment