Tuesday, February 17, 2015

PERANAN KETUA KELOMPOK SEL sebagai FASILITATOR (belajar dari NEHEMIA dan EZRA)

Pengkotbah 1:9-10 mengatakan: Segala sesuatu dibawah kolong langit ini tidak ada yang baru, sudah ada sejak lama.Termasuk Seni memfasilitasi ini, skilli ni sebenarnya sudah lama ada dan baru-baru dewasa ini kita sangatmengenal  kata fasilitator.
Apa yang pernah ada akan adalagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru dibawah matahari.  Adakah sesuatu yangdapat dikatakan: "Lihatlah, ini baru!"? Tetapi itu sudah ada dulu, lamasebelum kita ada. Pengkotbah 1:9-10
Bahkan lebih jauh dikatakan; Tidakada yang baru, semua yang telah ada, sedang ada dan akan ada nanti, semuanyasudah ada, permasalahannya kita rajin membaca Alkitab atau tidak. Semua yangtertulis di Alkitab adalah kebenaran yang perlu kita lakukan adalah dengan perspektifbaru.  Tuhan berencana bergerak danbertindak dalam pattern, pola-pola tertentu. Kehidupan ini ada patternnya dan dalam melihat perspektif ini kita harusmelihat pola-pola dan kemudian mengambil suatu kesimpulan atas pola-pola atassuatu kebenaran tersebut.
 "According toall that I am going to show you, as the pattern of the tabernacle and thepattern of all its furniture, just so you shall construct it. (Exodus 25:9)
Kata kuncinya adalah :

PATTERN, 

Kita bisa melihat sebuah pattern/polasederhana sebuah proses fasilitasi dalam suatu peristiwa bersejarah didalamAlkitab Perjanjian Lama, kurang lebih pada tahun 444 SM. Jadi lebih dari 2000tahun yang lalu.
Di dalam Kitab Nehemia 8 kita bisamenemukan pattern tersebut, pattern fasilitator di peranan orangLewi dalam kehidupan jemaat Israel pada masa pulang dari Babel. (Sebaiknya bacasecara Keseluruhan Nehemia 8)
Ada 4 Karakter yang dapat dilihat dalam Kitab tersebutyaitu  :
a)      Nehemia,
b)      Ezra,
c)       Orang Lewi
d)      dan Orang Israel.

Bahwa dalam 4 (empat) Karakter tersebut  memiliki peranan masing-masing. Dari  Fakta kejadiannya peranan mereka dapat kita lihat sebagai berikut :
1. Nehemia  sebagai kepala daerah pada saat itu, karakteryang memiliki otoritas, Pemimpin umat Israel yang pulang Yerusalem. Namanya memilikiarti Penghibur.
2. Ezra adalah pemimpinspiritual, dan pemimpin orang-orang  Lewi, dia adalah keturunan Harun darigaris  Eleazer, dalam peristiwa itu Ezra  membaca kitab Musa dihadapan semua orangIsrael. Namanya memiliki arti Penolong.
3. Orang-orang Lewi, merekaadalah para Imam, mereka adalah pelayan Rumah TUHAN, mereka juga yangmemelihara Hukum Torat, pada saat peristiwa tersebut orang-orang Lewi turundiantara jemaat dan menjelaskan kitab Musa tersebut beserta bagian-bagiannyasehingga seluruh jemaat mengerti
4. Orang Israel, mereka adalahUmat Pilihan TUHAN, mereka meminta untuk diajar, meminta untuk diajarkantentang Hukum Tuhan.

Bukankah Karakter dan pattern/pola ini adalah  sama  dengan yang kita kerjakan di Gereja Lokal kita dan Kelompok Sel ? yaitu sebagai Pastor, Gembala, Fasilitator atau Ketua Kelompok Sel dan Anngota Kelompok Sel?
1.      Ada team Pastoral denganSenior Pastor, otoritas penuh ada di tangan Senior Pastor sebagai GembalaSidang
2.      Ada Hamba Tuhan memberikanFirman Tuhan tiap hari minggu lewat mimbar kepada jemaat
3.      Ada banyak PemimpinKelompok Sel atau Small Group Leader  yang akan menjelaskan lebih lagi Firman Tuhanyang dibagikan di hari minggu, kepada para anggota, Firman Tuhan lebih mendaratlagi karena Ketua kelompok Sel  mengenalanggota-anggota nya. Firman TUHAN menjadi nyata dalam kehidupan nyata.
4.      Ada jemaat yang tiap-tiapminggu berbondong-bondong datang ke Gereja mempunyai kerinduan besar untuk mendengarakan kebenaran kebenaram Firman TUHAN.

Sekarang kita focus kepada orangLEWI, karena kita bisa paralelkan peranan orang Lewi  dengan peranan Pemimpin/Ketua kelompok sel dalammemimpin sebuah Group/Kelompok Sel.
Berikut adalah  fakta-fakta orang Lewi pada masa itu, dapatkita lihat :

1.      Bagi orang Lewi Kitab Musa atau Torah adalah makanan sehari hari mereka bahkan semenjak di pembuangan di BABEL.
2.      Orang-orang Lewi  sejak semula ditetapkan TUHAN menjadi Imamatas Umat Israel. Mereka dikhususkan untuk pekerjaan ini, namun walaupundemikian mereka  juga mempersiapkan diridan dipersiapkan juga. Mereka dilatih oleh Ezra.
3.      Orang-orang selalu belajardan menyelidiki Firman Tuhan, sehingga mereka mengerti apa yang dibaca dandisampaikan oleh Ezra
4.      Orang-orang Lewi jugatinggal diantara orang-orang Israel (bertetanggaan) sehingga saling kenal, adapersonal koneksi, ada rasa saling percaya.
5.      Orang Lewi bisa dengansederhana menjelaskan apa yang Ezra sampaikan dengan Bahasa yang dimengertioleh orang Israel, karena mengerti apa yang disampaikan oleh Ezra dan merekamengenal orang-orang Israel secara personal juga,

Bukankah apa yang orang Lewi kerjakan diatas sama denganapa yang seorang Ketua Kelompok Sel kerjakan sehari-hari dalam memimpinKelompok Sel?  Sama seperti orang LEWI, KetuaKelompok ‘hadir’ diantara kehidupan anggota/ member nya, menyediakan dirinyauntuk memfasilitasi.
Kita lihat apa yang terjadisetelah Ezra membacakan hokum Torat dan Orang Lewi turun ke kerumunan orangIsrael dan menjelaskan apa yang Ezra bacakan.
Bagian-bagian dari pada kitabitu, yakni Taurat Allah, dibacakan dengan jelas, dengan diberiketerangan-keterangan, sehingga pembacaan dimengerti. Lalu Nehemia, yaknikepala daerah itu, dan imam Ezra, ahli kitab itu, dan orang-orang Lewi yangmengajar orang-orang itu, berkata kepada mereka semuanya: "Hari ini adalahkudus bagi TUHAN Allahmu. Jangan kamu berdukacita dan menangis!",karenasemua orang itu menangis ketika mendengar kalimat-kalimat Taurat itu (Nehemiah8:8-10)
Maka pergilah semua orang ituuntuk makan dan minum, untuk membagi-bagi makanan dan berpesta ria, karenamereka mengerti segala firman yang diberitahukan kepada mereka. (Neh 8:12)
Ada PERTOBATAN danSUKACITA-SELEBRASI
Mereka menangis setelah FirmanTuhan itu dimengerti  dan kemudian merekamengadakan perayaan, semua dimulai ketika mereka mengerti FIRMAN TUHAN yangDIBACAKAN dan dijelaskan dengan BENAR oleh orang-orang LEWI.
Then Nehemiah the governor, Ezrathe priest and scribe, and the Levites who were interpreting for the peoplesaid to them, "Don't mourn or weep on such a day as this! For today is asacred day before the LORD your God." For the people had all been weepingas they listened to the words of the Law. And Nehemiah continued, "Go andcelebrate with a feast of rich foods and sweet drinks, and share gifts of foodwith people who have nothing prepared. This is a sacred day before our Lord.Don't be dejected and sad, for the joy of the LORD is your strength!" Andthe Levites, too, quieted the people, telling them, "Hush! Don't weep! Forthis is a sacred day." So the people went away to eat and drink at afestive meal, to share gifts of food, and to celebrate with great joy becausethey had heard God's words and understood them.
(Nehemiah 8:9-12)
Bukankah ini yang sama terjadijuga di Kelompok Sel?
1. Ketika  Anggota Kelompok Sel mengerti FIRMAN TUHAN dan membuka hatinya untuk Roh Kudus bekerja merekamenjadi terbuka akan hadirat TUHAN. Hal ini akan membawa  terjadinya pertobatan, Ketua/ PEmimpinKelompok Sel menjalankan fungsinya dengan baik memfasilitasi terjadinyaatmosfer ini. Memfasilitasi sehingga Anggota Kelompok Sel mengerti.
2. Di Kelompok Sel kita juga adaperayaan, selebrasi merayakan kemenangan saudara-saudara kita atas kesaksianhidupnya.

Teman-teman Ketua/Pemimpin Kelompok Sel / Small group fungsi anda sebagai FASILITATOR adalah PENTING dan BIBLICAL.

No comments:

Post a Comment